Cawagub dan Bupati Berkerabat, Pasuruan Masuk Zona Khusus

669

bersama-keluargaPrigen (wartabromo) – Kabupaten Pasuruan dimasukkan dalam zona khusus dalam fokus pengawasan Badan Pengawas Pemilu Propinsi Jawa Timur menyusul hubungan kekerabatan khusus yang dimiliki oleh salah satu pasangan calon yang maju dalam Pilgub mendatang dengan orang nomer satu di Kabupaten Pasuruan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu Propinsi Jawa Timur, Sufiyanto di hadapan puluhan anggota Panwascam Se-Kabupaten Pasuruan di Hotel Inna Tretes, Prigen, Pasuruan, Minggu (28/7/2013).

“Pasuruan ini sangat khusus karena ada salah satu pasangan calon yang memiliki hubungan khusus di Pasuruan,”ujar Sufiyanto yang hadir sebagai pemateri Bimtek Pengawas Pemilu dalam rangka Pemilukada Jawa Timur.

Menurutnya, pihaknya tidak mencurigai adanya hubungan khusus tersebut namun hal itu dilakukan sebagai sikap waspada terhadap potensi adanya kecurangan dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 29 agustus 2013 mendatang.

“Ya, Karena persoalan ini sangat serius,”tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Salah satu kandidat incumbent calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau yang akrab dipanggil Gus Ipul merupakan kakak kandung Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf. Keduanya sama-sama berasal dari Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Sufiyanto juga meminta agar panwascam fokus terhadap pengawasan terutama pada masa akhir ramadhan dan menjelang lebaran nanti. Pasalnya, momentum tersebut kerap dimanfaatkan oleh para politisi untuk mencari keuntungan demi kepentingan politiknya.

“Tolong diawasi, jangan sampai ada zakat politik ataupun mudik politik. Kalau mau sodakoh silahkan saja tanpa diembel-embeli gambar atau alat peraga,”pungkas Sufiyanto. (yog/yog)