Banyak Situs Sejarah di Pasuruan Terabaikan

658
Candi Belahan atau Sumber Tetek/G Arif Subagyo

Pasuruan (wartabromo) – Kabupaten Pasuruan memiliki sejumlah situs sejarah tersebar di beberapa wilayah. Namun disayangkan karena situs-situs berharga tersebut terabaikan.

“Banyak situs yang terbengkalai, padahal jika dirawat dan dimaksimalkan akan menjadi potensi wisata yang menarik,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Sabtu (21/9/2013).

Terdapat Candi Belahan (Sumber Tetek), Situs Raos Pecinan, Candi Gununggangsir, Prasasti Cunggrang yang semuanya berada di Kecamatan Gempol. Selain itu ada Candi Jawi di Kecamatan Prigen. Pemkab melaui Dinas Pariwisata akan menginventarisir situs-situs sehingga bisa segara bisa dikembangkan.

“Selama ini belum ada koordinasi dengan pihak arkeologi. Kita coba koordinasi dengan arkeologi untuk menjadikan ini sebagai paket wisata,” ujarnya.

Baca Juga :   Paska Kelulusan, Pemohon Kartu Kuning di Pasuruan Membludak

Rencana pengembangan situs sejarah, kata Irsyad, sudah dibahas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Ia menugasi Dinas Pariwisata untuk memaksimalkan potensi situs sejarah.

“Selain itu wisata religi juga akan dikembangkan karena di Pasuruan banyak makam ulama besar. Tentunya dilakukan secara bertahap,” ujarnya. (fyd/fyd)