Wamendikbud Hadiri Upacara Adat Karo di Tosari

803
Wisatawan Gunung Bromo/ G Arif Subagyo

Pasuruan (wartabromo) – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Windu Nurhayati dijadwalkan akan menghadiri upacara yang akan dilaksanakan di Pendopo Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan, Minggu (20/10/2013).

Selain Wamen Windu, acara pembukaan tersebut akan dihadiri Gubernur Soekarwo, Bupati Irsyad Yusuf. Dijadwalkan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, anggota Komisi X DPR RI serta pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jatim dan Kabupaten Pasuruan akan hadir.

“Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Pariwisata kembali menyenggarakan upacara adat Karo. Ini sebagai bentuk apresiasi terhadap warisan budaya lokal suku Tengger di Tosari dengan harapan ada pelestarian budaya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan, Trijono Isdijanto, Sabtu (19/10/2013).

Baca Juga :   Usai Diturunkan Banser Bangil, Baliho Dipasang Tanpa Foto KH. Ma'ruf Amin

Rangkaian upacara adat Karo merupakan rangkuman kesakralan ada-istiadat dan budaya suku Tengger yang sarat akan nilai-nilai luhur. Karo bermakna proses terciptanya alam semesta. Upacara akan dibuka dengan berbagai kesenian tradisional seperti Tayub, Kuda Lumping serta campursari.

“Rencanya Ibu Wamen akan memukul gong tanda dibukanya upacara,” tandas Trijono. (fyd/fyd)