Jalan Rusak di Kabupaten Pasuruan Mencapai 2.000 Kilometer

638
Ruas jalan yang rusak parah masih dilewati kendaraan besar bermuatan berat/ H Fernandez

Pasuruan (wartabromo) – Sepanjang 2.000 kilometer jalan di wilayah Kabupaten Pasuruan mengalami kerusakan. Kerusakan jalan disebabkan volume kendaraan bertonase besar yang melebihi kapasitas.

Kerusakan jalan banyak terdapat di jalur penghubung antar kecamatan. “Total jalan rusak di Kabupaten Pasuruan mencapai 2.000 kilometer,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Kamis (14/11/2013).

Irsyad tidak merinci berapa kilometer jalan yang masuk ketegori rusak ringan, sedang dan berat. Namun ia mengaku akan menerjunkan paraturnya untuk melakukan pengawasan di lapangan.

“Kami akan melakukan pengawasan agar tidak dilalui oleh kendaraan bertonase tinggi dengan akan membuat rambu-rambu lalu lintas pada kelas jalan,” tegas Irsyad Yusuf.

Terkait perbaikan jalan yang rusak, Pemkab Pasuruan akan melakukannya secara bertahap pada 2014. Saat ini hanya dilakukan tambal sulam.

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Fokuskan Pembangunan Wilayah Timur

Ruas jalan yang mengalami kerusakan tersebar di berbagai wilayah antara lain di jalur pantura Raci, jalur alternatif di Kecamatan Gondangwetan menuju Kecamatan Winongan, tepatnya di Desa Penataan dan Desa Gadingrejo.

Kerusakan jalan juga terdapat di Desa Gondangwetan sebagai jalur penghubung Kecamatan Gondangwetan menuju Kecamatan Paserpan. Di jalur Kecamatan Winongan menuju Kecamatan Lumbang kerusakan jalan berada di Desa Bayubiru dan Desa Jeladri. Sementara jalur Kecamatan Winongan menuju Kecamatan Grati terdapat kerusakan jalan di Desa Kedawung Wetan dan Kedawung Kulon. (fyd/fyd)