Bupati Pasuruan Ajak Siswa Menabung Pohon

614

pohonPasuruan (wartabromo) – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mencanangkan gerakan menabung pohon dan pembuatan biopori di seluruh lembaga pendidikan. Selain sebagai upaya pencegahan banjir, hal itu juga untuk menanamkan kecintaan lingkungan pada para siswa.

“Akhir Januari ini dicanangkan gerakan menabung pohon dan membangun sumur resapan di seluruh lembaga pendidikan di Kabupaten Pasuruan,” kata Irsyad Yusuf.

Setiap sekolah nantinya akan didorong menanam pohon di lahan-lahan kosong yang ada. Pohon yang ditanam diharapkan pohon produktif semisal sengon laut, mangga dan lainnya.

“Saya mengharapkan partisipasi siswa, guru dan walimurid. Masyarakat umum dan swasta juga akan dilibatkan,” terang Irsyad.

Selain itu, setiap sekolah harus memiliki biopori dalam jumlah tertentu untuk mencegah banjir di lingkungannya. Program ini nantinya diawali dengan diadakannya lomba desain biopori tingkat SMA. Lomba ini akan adakan Dinas Pendidikan. Desain terbaik akan dijadikan acuan pembuatan biopori di seluruh sekolah.

Baca Juga :   Ditinggal Jemput Anak Ngaji, Rumah Warga Jati Dilalap Si Jago Merah

“Sengaja kita berdayakan lembaga pendidikan karena pendidikan lingkungan harus ditanamkan sejak dini,” pungkasnya. (fyd/fyd)