Bromo Marathon Bakal Digelar 7 September 2014

492
bromo-marathon
ilustrasi / bromomarathon.com

Tosari (wartabromo) – Mengulang kesuksesannya pada tahun lalu, event Bromo Marathon akan kembali digelar pada tanggal 7 September 2014 mendatang. Bromo Marathon dianggap cukup sukses menyedot perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pasalnya, tercatat sebanyak 900 pelari dan sekitar 5.000 pengunjung terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.

Berdasarkan rilis tertulis yang disampaikan oleh pihak panitia penyelenggara kepada wartabromo, event Bromo Marathon tahun ini akan terbagi dalam tiga kategori lomba yaitu The Bromo Marathon yang menempuh jarak sepanjang 42,195 Kilometer ; The Half Bromo Marathon yang menempuh jarak sepanjang 21, 097 Kilometer dan The Bromo 10K yang menempuh jarak 10 Kilometer. Adapun start dan lokasi Finish nya berada di Desa Wonokitri, Tosari Pasuruan.

Seperti tahun sebelumnya, rute bromo marthon akan menyuguhkan pemandangan alam lereng bromo yang indah dan eksotis dengan kehidupan masyarakat Tengger yang unik di sepanjang jalan yang dilalui.

Semua Rute akan memberikan keragaman medan yang menantang dengan setengah rute di jalan beraspal dan setengah di jalan setapak dengan ketinggian bervariasi dari 1950 meter ke 2750 meter.

Pada malam sebelum perlombaan, Bromo Marathon akan menjadi tuan rumah Festival Tahunan ke-2 yang bertema “Tengger art and culture festival” dengan mempertontonkan budaya Tengger  yang kaya, melalui berbagai lagu dan tarian yang menceritakan kisah-kisah Tengger tradisional .

“Kami harapkan sekitar 2.500 dampai 3.000 pelari dapat berpartisipasi dalam lomba tahun ini,” ujar Dedik Kurniawan selaku Panitia Bromo Marathon 2014 melalui pesan tertulisnya.

Menurutnya, event Bromo Marathon tidaklah semata-mata kegiatan perlombaan biasa melainkan salah satu usaha meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan ekonomi mayarakat suku tengger. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan donasi hasil kegiatan kepada sekolah-sekolah terutama fasilitas perpustakaan sekolah bagi masyarakat sekitar.

Bagi para peserta baik lokal maupun mancanegara yang ingin melakukan registrasi bisa langsung klik di sini. (yog/yog)