PPK dan KPPS Mulai Packing Surat Suara Per TPS

0
100

surat-suaraBangil (wartabromo) – Setelah menyelesaikan proses pelipatan, KPUD Kabupaten Pasuruan kembali membongkar kardus yang berisikan surat suara peserta pemilu legislatif 2014 untuk  siap didistribusikan.

Pembongkaran kardus itu dilakukan di GOR Sasana Karida Anoraga Raci, Bangil, sejak hari ini sampai 24 maret 2014 mendatang.  Tujuannya untuk melakukan sortir surat suara per TPS ke dalam plastik yang disediakan.

Titin Wahyuningsih, Divisi Perencanaan, Anggaran dan Logistik KPU Kabupaten Pasuruan mengatakan, sortir suara per TPS wajib dilakukan, untuk memastikan jumlah surat suara, baik DPD, DPRD Kabupaten, DPRD Propinsi, maupun DPR RI, tanpa ada kekurangan satu surat pun.

“Sortir surat suara dilakukan setelah pelipatan rampung, dan itu merupakan agenda yang harus terlaksana,”ujarnya, Jum’at (21/3/2014)

Dalam sortir surat suara sendiri, KPU melibatkan seluruh anggota PPK maupun KPPS se-Kabupaten Pasuruan, serta mendapatkan penjagaan ketat dari Polres Pasuruan dan Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

Kata Titin, hampir setiap harinya, tak kurang dari 10 anggota keamanan, dengan dibantu petugas keamanan KPU Kabupaten Pasuruan menjaga seluruh tahapan Pileg, termasuk sortir surat suara.

“Yang jelas, petugas pengamanan selalu ada di belakang kita, dan ini sudah berjalan sejak tahapan Pileg dimulai pada tahun lalu,” imbuhnya.

Sementara itu, apabila selesai dilakukan sortir, maka seluruh surat suara akan langsung dipacking pada 25 maret mendatang, kemudian baru akan disistribusikan ke PPK Kecamatan pada tanggal 27 maret 2014. (eml/yog)