Pemakan Daging Tikus Itu Akhirnya Meninggal di RS Kusta

0
168

kusta-probolinggoProbolinggo (wartabromo) – Masih ingat dengan Sarep, penderita penyakit Kusta yang dikucilkan dan pemakan daging tikus itu akhirnya di rawat di rumah sakit Kusta Mojokerto ?. Pria tersebut ternyata telah menghembuskan nafasnya yang terakhir setelah menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Warga Dusun Kalibendo, Desa Menyono, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, meninggal pada Kamis (20/3/2014) pukul 17.00 WIB di RSK (rumah sakit kusta) Sumber Glagah Mojokerto.

Jasad Sarep dibawa pulang dari RSK oleh keluarganya pada pukul 20.00 WIB, dan dikebumikan dipemakaman umum di desanya oleh pihak keluarga.

” Ya mas, Sarep sudah meninggal setelah mendapat perawatan di rumah sakit Mojokerto pada Kamis lalu ,”ungkap dr.Dyah Kuncarawati, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Sabtu (22/3/2014) ketika di hubungi oleh wartawan media ini.

Dyah menyebutkan, Sarep meninggal karena penyakit kusta yang di deritanya sudah terlalu lama, sehingga tim medispun tidak berhasil menyembuhkan penyakit yang diidap oleh Sarip. Hasil pemeriksaan, penyakit Sarep mengalami komplikasi yang tergolong penyakit semakin lama semakin parah.

“Penyakit yang diderita Sarep tergolong sangat tinggi dan sulit diperkirakan, padahal beberapa bulan yang lalu saat Dinkes merujuknya ke RSK kondisinya cukup stabil, tapi itu bukan berarti sehat, melainkan semakin lama kondisinya tambah melemah dan parah, karena sudah masuk reaksi atau komplikasi,” ungkap Dyah.

Selain penyakit kusta-nya yang parah, dan komplikasi, Sarep juga mengalami Diagnosa gizi buruk.

”Kusta adalah penyakit yang sangat jahat. Nah, kalau sudah terkomplikasi dari penyakit itu, dampaknya sangat berbahaya dan mematikan, jadi sulit untuk tersembuhkan, apalagi ditambah gizi buruk,”pungkas dr Dyah. (rhd/yog)