Sumber Penang, ‘Surga’ Mata Air Wonorejo

536

sumber penang wonorejoWonorejo (wartabromo) – Secara umum, telinga dan mata kita pasti sudah tak asing lagi dengan kepopuleran Pemandian Alam Banyubiru, Sumber Tetek maupun Umbulan.

Ketiga nama tersebut memiliki kekuatan yang semua orang tahu, yakni jernih dan besarnya debit airnya yang mengalir setiap saat.

Bagi anda yang hobby traveling ke wisata alam, sebenarnya, ada satu lagi anugerah Tuhan yang dititipkan di Kabupaten Pasuruan sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun lalu, yakni Sumber Penang, sebutan untuk mata air jernih yang menjadi kebanggaan masyarakat di sekitar Desa Jatigunting, Kecamatan Wonorejo.

Sumber tersebut jelas memberi banyak manfaat bagi warga sekitar, terutama untuk keperluan hidup sehari-hari.

Sumber Penang sendiri lokasinya memang cukup jauh dari Jalan Raya Wonorejo. Dengan jarak sekitar 4 km, membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk bisa mendekati lokasi yang tersembunyi itu.

Yang membuat perjalanan menjadi lelah tapi kecanduan itu adalah akses jalan yang berbeda dengan tempat-tempat yang lain. Mobil atau kendaraan besar hanya bisa mengantarkan sampai di rumah warga, setelah itu harus berjalan kaki melewati lembah dan tanjakan, hingga jurang yang cukup terjal.

Namun bagi warga sekitar sudah terbiasa dengan kondisi jalan yang curam Itu, terlihat dari sekian banyak warga, khususnya ibu-ibu yang selalu mendatangi sumber tersebut untuk keperluan mandi, mencuci, atau keperluan rumah tangga yang lain.

Sekalipun naik turun jurang, tapi tak sedikitpun terlihat wajah capek, berkeringat, atau bahkan sampai mengambil nafas panjang, setelah meninggalkan lokasi itu.

“Sumber Penang ini adalah surga bagi kami, semoga terus bisa dirasakan sampai anak cucu kami,” ungkap Maimunah (56), salah satu warga Dusun Krajan saat ditemui tim wartawisata.

Jernihnya air dan besarnya debit air di sumber penang ini membuat Maimunah maupun warga Wonorejo, Pasuruan berharap adanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan, untuk lebih mengembangkan sumber penang, agar bisa menjadi pilihan berwisata alam di kabupaten pasuruan. (eml/yog)