Ratusan Buruh Unjuk Rasa PT Indolakto Pandaan

205

demo indolaktoPandaan (wartabromo) – Sekitar 100 orang dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) cabang Pasuruan melakukan aksi unjuk rasa di depan pintu masuk pabrik PT. Indolakto Pandaan, Senin (5/1/2014) pagi.

Dengan menggunakan pengeras suara diatas mobil bak terbuka dan mengendarai puluhan kendaraan, ratusan buruh ini menyampaikan orasi secara bergantian di luar pintu gerbang Perusahaan pengolahan susu tersebut.

Ada enam tuntutan yang diusung dalam aksi unjuk rasa kali ini, diantaranya, permintaan 12 karyawan bagian angkut menjadi karyawan tetap ; Diikutkannya karyawan dalam BPJS ketenagakerjaan dan BPJS keluarga yang jam kerjanya disesuaikan UMK ; Diberikanya hak cuti tahunan serta Tunjangan Hari Raya sesuai aturan.

Meski unjuk rasa berjalan kondusif, namun aksi buruh ini mendapatkan pengawalan ketat dari Polres Pasuruan. Tak hanya itu, aksi tersebut menutup lajur lambat jalur Surabaya Malang, sehingga arus lalu lintas sempat tersendat dan dilakukan contraflow oleh petugas.

Usai puas berorasi, selanjutnya para buruh melanjutkan aksinya dengan mendatangi Kantor Dinsosnakertrans Kabupaten Pasuruan.(ryn/yog)