4 Kecamatan di Pasuruan Terkena Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak

568
angin pasuruan
Sebatang pohon roboh dan menimpa rumah warga di Grati, Selasa (24/2/2015). Foto : Istimewa

Pasuruan (wartabromo) – Angin puting beliung menerjang 4 Kecamatan di wilayah Kabupaten Pasuruan yakni Kecamatan Lekok, Grati, Purwosari dan Bangil. Akibatnya, Puluhan rumah rusak dan pepohonan bertumbangan, Selasa (24/2/2015) sore.

Informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan menyebutkan, kerusakan terbanyak terjadi di Desa Alastlogo Kecamatan Lekok yakni mencapai 40 rumah warga. Sementara kerusakan terparah yakni Desa Grati Tunon Kecamatan Grati yang mengakibatkan 2 rumah milik warga setempat rusak tertimpa pohon.

Di Purwosari, pohon tumbang terjadi di Sengon agung dan di jalan raya Desa Bakalan yang sempat menganggu arus lalu lintas lantaran menutup jalan.

“Saat ini kami sudah berkooordinasi dengan pihak terkait. Sementara BPBD fokus di wilayah timur karena lebih dulu terkena angin puting beliung,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana pada wartabromo, Selasa (24/2/2015).

Baca Juga :   Ungkap Motif, Polisi Periksa Cucu Korban Bondet di Pasrepan

Menurutnya, pihaknya bersama camat di masing-masing wilayah saat ini masih melakukan pendataan terkait kerusakan akibat terjangan angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 15.30 tersebut.

Berikut data lengkap masing-masing Desa di 4 Kecamatan di Pasuruan versi BPBD yang terkena angin Puting Beliung :

No Kecamatan Desa

Kerusakan

Keterangan

Rumah Rusak Pohon Tumbang
Lekok Alas Tlogo 40 unit /atap 2 batang Sedang dan Sudah ditangani
Grati Ranuklindungan 2 batang
Grati Tunon 2 Unit /tertimpa 5 batang
Kambingan 5 batang
Kalipang 1 batang
Purwosari Bakalan 1  batang Sudah ditangani
Sengonagung 1 batang
Bangil Blawi 1 batang Sudah ditangani

(yog/yog)