Diprotes Karena Dianggap Berhala, Patung Jayandaru akan Dipindah ke Pasuruan

3671

image

Sidoarjo (wartabromo) – Sempat menuai protes dan kecaman karena dianggap berhala oleh sejumlah pihak termasuk Ormas Ansor, patung monumen Jayandaru di Alun-alun Sidoarjo ternyata justru akan dipindahkan ke Pasuruan.

Proses pemindahan ini dinyatakan oleh sejumlah pekerja bangunan yang sedang melakukan pembongkaran patung yang dibuat dari dana CSR perusahaan pengolah hasil laut, PT Sekar Laut Sidoarjo.

“Kabarnya, patung-patung ini akan dipindah ke kawasan lapangan golf milik PT Sekar Laut di Kecamatan Pandaan, Pasuruan. Selebihnya belum tahu, karena saya hanya bertugas membongkar patung aja,” kata M. Ulum seperti dikutip wartabromo. com dari situs Metrotvnews.com, Rabu (25/2/2015)

Para pekerja ini melakukan pembongkaran dengan cara melepas sembilan patung menyerupai manusia yang menggambarkan profesi warga Sidoarjo sebagai petani, pedagang, dan nelayan dari beton yang tertanam rapi.

Baca Juga :   Naskah UN SMA Disimpan di Mapolres, Dijamin Aman Sampai ke Sekolah

Keberadaan monumen sempat menggegerkan warga dan puluhan organisasi masyarakat di Sidoarjo. Mereka pun meminta agar patung tersebut dibongkar karena dianggap seperti berhala dan menyalahi nilai-nilai agam islam.

“Patung harus diturunkan, Sidoarjo kota santri tak pantas dikotori patung”, Kata Slamet Budiono Ketua GP Ansor Sidoarjo saat melakukan aksi turun jalan menolak keberadaan patung jayandaru seperti dikutip dari media online lokal di Surabaya. (*/yog)