Asap Bromo Mencapai 400 Meter, Bisa Ganggu Penerbangan

233
Semburan asap dari kawah Gunung Bromo mencapai 400 meter, Senin (7/12/2015). Ketinggian asap ini dikhawatirkan menganggu penerbangan. WARTABROMO/Sundari A W

Probolinggo (wartabromo) – Aktivitas Gunung Bromo terus menunjukkan peningkatan. Semburan material vulkanik yang semakin tinggi dikhawatirkan menganggu penerbangan.

Informasi dari PVMBG Gunung Bromo, Senin (7/12/2015), tremor menerus telah mencapai 25 mili meter dengan semburan material vulkanik dari bibir kawah juga semakin tinggi. Bahkan semburan asap mencapai 400 meter. Suara gemuruh dari dalam kawah juga terdengar di seputar kaldera.

“Jika semburan vulkanik mengarah ke timur dan utara menuju Kabupaten Probolinggo atau ke barat daya menuju Kabupaten Malang, maka akan menggangu jalur penerbangan. Kami sudah berkoordinasi dengan otoritas penerbangan terkait kondisi terkini. Tentu akan mengganggu jalur penerbangan jika terus membubung,” ujar kepala PVMBG Gunung Bromo, Ahmad Subhan.

Saat ini material semburan yang mengandung abu vulkanik, belerang dan silica mengarah ke barat daya atau wilayah Kabupaten Pasuruan. sejauh ini, status Gunung Gromo masih di level siaga dengan radius aman 2,5 kilo meter.

Petugas PVMBG meminta semua pihak terkait, warga dan pengunjung tetap waspada dan mematuhi radius aman 2,5 kilo meter di seputar kaldera. (saw/fyd)