Pemkab Pasuruan Jemput 49 Eks Gafatar Malam Ini, Ditempatkan BLK

222
Rumah mantan anggota Gafatar di Beji, Kabupaten Pasuruan.
Rumah mantan anggota Gafatar di Beji, Kabupaten Pasuruan.
Rumah mantan anggota Gafatar di Beji, Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan (wartabromo) – 49 orang eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Kabupaten Pasuruan dijemput dari Surabaya malam ini, Minggu (24/1/2016). Sampai di Pasuruan, mereka akan ditempatkan di Balai Latihan Kerja (BLK).

Penjemputan para warga Kabupaten Pasuruan itu akan dikawal ketat oleh puluhan petugas kepolisian dan TNI dan didampingi beberapa orang petugas kesehatan. Rombongan penjemput akan berangkat dari Mapolres Pasuruan.

“Mulai dari penjemputan, di dalam kendaraan hingga sampai di Pasuruan akan terus dijaga dan dikawal ketat oleh polisi maupun TNI. Kami sangat berterima kasih atas bantuannya selama ini,” kata Sekda Agus Setiadji, saat Rakor Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pasuruan yang dilaksanakan di Gedung Segoropuro, Komplek Pendopo Nyaweji Ngesti Wenganing Gusti Pemkab Pasuruan, Minggu, malam.

Lebih lanjut Agus menambahkan, setelah tiba di Pasuruan, seluruh anggota eks Gafatar akan ditempatkan sementara di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pasuruan selama satu atau dua hari. Selama di sana, seluruh eks anggota Gafatar akan menerima pencerahan rohani maupun pembinaan mental dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun Kementerian Agama.

“Pembinaan mental full kita lakukan selama seharian penuh, untuk memulihkan mental dan pikiran mereka. Kami yakin bahwa eks anggota Gafatar ini adalah orang-orang yang tersesat, sehingga kami harus kembalikan ke jalan yang sebenarnya,” imbuhnya. (mil/fyd)