Tosari Mulai Terdampak Abu Bromo

870
Kondisi Gunung Bromo, Jumat (15/7/2016) terpantau dari Wonokitri, Tosari, Pasuruan. (Foto: Sigit/wartabromo.com)

Tosari (Wartabromo) – Dampak meningkatnya aktifitas Gunung Bromo yang dibarengi keluarnya material abu vulkanik mulai dirasakan masyarakat Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Jumat (15/7/2016).

“Abu Bromo mulai mengarah ke Wonokitri sejak pukul 12.00 WIB, tadi. Meski tipis, namun dirasakan pedih di mata,” kata salah seorang warga Desa Wonokitri,  Sukaris (48).

Abu juga bertebarnag di udara sehingga mengganggu jika naik motor. “Kalau kita naik motor itu sangat terasa sekali di mata” ungkap Sukaris.

Sukaris yang juga pegiat penanggulangan bencana ini menyarankan agar warga dan wisatawan menggunakan pelindung mata saat berkendara motor di wilayah Desa Wonokitri.

Berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), abu vulkanik terpantau keluar dari mulut kawah sejak tiga hari terakhir setinggi 1.000 meter dari bibir kawah atau 3.329 mdpl.  Saat ini, abu vulkanik mengarah ke barat laut dan selatan atau menuju Kabupaten Malang. Abu juga terbawa angin ke wilayah Tosari. (git/fyd)