600 Kader dan Alumni PMII Pasuruan Gelar ‘Temu Kangen’ di Pendopo Bupati

713

Pasuruan (wartabromo) – Usai sukses memilih Ketua IKAPMII Cabang Pasuruan periode 2016 – 2021 yakni Zainul Faizin, HM melalui Musyawarah Cabang (Muscab) ke -1 Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKAPMII) Cabang Pasuruan, Sabtu (7/8/2016) siang. Keluarga besar IKAPMII Pasuruan menggelar Silaturahmi Akbar Kader dan Alumni PMII Pasuruan di Pendopo Nyawiji Wenganing Gusti Kabupaten Pasuruan, Minggu (8/8/2016) siang.

Sekitar 600 kader dan alumni PMII Pasuruan hadir dan membanjiri ruang pendopo Bupati untuk pertama kalinya dengan suka cita dengan tema ‘Kolaborasi Intelektualitas dan Kearifan Budaya untuk Pasuruan Baru’.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Ketua IKAPMII Jawa Timur, KH. RP. A. Mujahid Anshori serta A. Malik Haromain, Anggota Komisi VIII DPR RI yang juga mantan Ketua Umum PB. PMII.

“Melalui silaturahmi ini kami ingin mempertemukan para alumni PMII yang berdomisili di wilayah Pasuruan,” ujar Jauharul Lutfi, Ketua Panitia dalam sambutannya.

pmiiMenurutnya, sejak pertama kali dideklarasikan pada tahun 1990 hingga saat ini, sudah banyak alumni sukses dan tersebar di berbagai bidang profesi.

“Ada yang jadi Ketua DPRD seperti sahabat Sudiono Fauzan, sebagai Komisioner KPUD, sahabat Zainul Faizin,  Dosen, Guru atau bahkan Pengasuh Pesantren. Di Bidang bisnis dan profesional ada nama Waladi Imaduddin serta profesi lainnya,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muhayat Taufiq, Ketua domisioner IKAPMII sebelumnya, secara simbolis melepaskan Jas almamater IKAPMII dan memakaikannya kepada Zainul Faizin selaku Ketua IKAPMII Pasuruan terpilih yang baru.

“Kontribusi  sahabat – sahabat sekalian terhadap daerah tidak boleh terhenti ketika telah menjadi alumni. Sebab, sebagai alumni organisasi kemahasiswaan dengan intelektualitasnya, tentu banyak hal  yang dapat disumbangsihkan untuk  kemajuan daerah,” pesan Muhayat.

pmiBak gayung bersambut, Zainul Faizin, selaku ketua terpilih juga menegaskan bahwa IKAPMII didirikan dengan Silaturahmi sebagai prinsip utamanya. Silaturahmi itu merupakan ibadah dengan pahala dan dampak sosial yang besar.

Sementara itu, Drs. KH. RP. A. Mujahid Anshori, Ketua IKAPMII Jawa timur menekankan pentingnya menjaga silaturahmi dan idealisme. Menurutnya, seringkali idealisme itu hilang setelah kader-kader PMII telah menjadi alumni.

“Kalau melihat tema ini, saya yakin idealisme itu masih ada di IKAPMII Pasuruan, ” katanya.

Disisi lain, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengaku sangat senang dengan kegiatan IKAPMII yang ditempatkan di Pendopo Kabupaten Pasuruan.

“Saya yakin ada berkah yang akan muncul terutama terjaganya komunikasi antara pemerintah daerah dan IKAPMII Pasuruan. Komunikasi yang baik menjadi modal utama untuk menjawab berbagai persoalan yang ada di Kabupaten Pasuruan, ” ujar Bupati yang juga alumni PMII Undar Jombang.

Hampir sama dengan Bupati,  A. Malik Haromain, Anggota Komisi VIII DPRRI yang juga mantan Ketua Umum PB. PMII  dalam orasi kebangsaannya menyampaikan bahwa PMII merupakan aset bangsa, aset daerah dan satu-satunya organisasi mahasiswa ekstra kampus yang lahir dari NU.

“Keberadaan PMII akan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berproses. Bagaimanapun proses mereka di PMII harus dipahami sebagai siklus pembelajaran. Pada akhirnya kader dan alumni PMII akan kembali berkontribusi untuk NU dan Islam Ahlussunnah wal jamaah.  Hal ini tentu akan ikut memberi kontribusi terhadap daerah dan NKRI,” urainya.

Selain dihadiri oleh kader dan alumni PMII dari berbagai wilayah di Pasuruan, acara ini juga dihadiri oleh Pejabat Polres dan Polresta Pasuruan, Ketua Parpol, Tokoh lintas agama, Ormas, NGO dan juga Organisasi buruh dan OKP.

Diakhir acara, para alumni dan panitia dihibur oleh lawak Abioso, serta penampilan grup musik padang howo. Menariknya, acara semakin ganyeng saat Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf berduet dengan Mantab Ketua PB PMII, A. Malik Haromain menyanyikan lagu Bila Tiba (Ost. Film Sang Kiai). (*/*)