Pemprov Jatim Bantu Mesin Kapal untuk Nelayan Pasuruan

294

Pasuruan (wartabromo) – Untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan di perairan lepas, Pemprov Jatim melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan Kota Pasuruan memberikan bantuan mesin kapal untuk nelayan Kota Pasuruan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Pasuruan, Setiyono, di sela-sela acara Pembinaan Budidaya Perikanan Air Tawar dan Penyerahan Simbolis Bantuan Propinsi Jawa Timur berupa Sarana dan Prasarana Nelayan, di Gedung Perikanan Kota Pasuruan, Kamis (17/11).

Menurut Asep Suryatna selaku Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan Kota Pasuruan, ada 4 unit mesin kapal 40 Pk yang diberikan untuk 4 KUB (kelompok usaha bersama) di Kecamatan Panggungrejo, di mana bantuan tersebut berasal dari bantuan APBD Provinsi Jawa Timur 2016 dengan total anggaran mencapai Rp 580 juta.

“Kalau dari APBD Kota Pasuruan masih belum ada untuk tahun ini, sehingga ini murni merupakan bantuan dari Pemprov Jatim untuk para nelayan yang tergabung dalam KUB,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Setiyono berharap agar bantuan mesin kapal tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, utamanya untuk mencari ikan di luar perairan Pasuruan.

“Kalau dari aturan pemerintah, jarak 0-16 mil itu masih milik Jawa Timur, sehingga nelayan Pasuruan masih bisa mencari ikan di luar Pasuruan. Kalau dengan kapal bermesin, pasti mudah untuk menyebrang ke perairan yang lebih jauh,” kata Setiyono dalam sambutannya.

Ditambahkannya, sejauh ini rata-rata nelayan Pasuruan masih mencari ikan di seputaran perairan Pasuruan hingga over fishing. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada para nelayan untuk tak hanya mencari ikan di perairan Pasuruan saja, melainkan ke perairan lainnya.

“Kalau setiap hari mencari ikan di perairan kita sendiri, maka bisa habis semua induk ikan. Saya ajak semua nelayan untuk tak hanya mencari ikan di Pasuruan saja, tapi harus lebih berani keluar, apalagi yang sudah memiliki kapal bermesin, pasti akan dapat lebih banyak,” tegasnya. (mil/fyd)