Paska Libur Tahun Baru, Sampah Berserakan di Lautan Pasir Bromo

922

Sukapura (wartabromo.com) – Libur panjang selama natal dan tahun baru, memberikan dampak signifikan bagi kunjungan wisatawan di Gunung Bromo. Namun, disisi lain ramainya kunjungan ini justru membuat banyak sampah berserakan di lautan pasir Gunung Bromo.

Seolah lupa dengan tata cara menjaga kebersihan di kawasan Gunung Bromo, para pengunjung ini senaknya sendiri membuang sampah. Tak ayal, banyak sampah berserakan dimana-mana. Mulai sampah organik, hingga sampah bekas bungkus makanan dan botol air mineral.

Wisatawan yang berkunjung ke Bromo pasca tahun baru, mengaku prihatin dengan kondisi ini.

“Bromo hari ini kotor sekali dengan sampah-sampah. Mungkin ini efek dari banyaknya pengunjung pada tahun baru kemarin,” ujar Hendi Kurniawan, salah satu pengunjung Bromo, Selasa (3/1/2017).

Baca Juga :   Catat ! Ini Jadwal Pertandingan Persekabpas vs Bali United

IMG-20170103-WA0015

Menurut pria asal Surabaya ini, kondisi itu diperparah dengan minimnya tempat sampah yang disediakan di kawasan wisata tersebut. “Saya kesulitan untuk menemukan tempat sampah terdekat disekitar sini. Mungkin itu salah satu penyebab pengunjung banyak buang sampah sembarangan,” tuturnya lebih lanjut.

Sejak bergulirnya masa liburan pada dua pekan lalu, kawasan wisata Gunung Bromo banyak didatangi pengunjung dari berbagai daerah.

Pihak pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengakui sampah memang menjadi problem terdiri. Selain memang karena kekurangan fasilitas, sampah yang berserakan itu juga dipengaruhi oleh budaya pengunjung.

“Ada beberapa titik yang sudah tersedia tempat sampah, memang dari segi jumlah tidak memadai. Nanti, kami akan evaluasi dan usulkan untuk pembuatan tempat sampah baru.

Baca Juga :   Kijang Sruduk Motor di Beji, 1 Tewas

Namun, banyaknya tempat sampah tidak akan mengatasi problem ini jika pengunjung juga tidak ikut menjaga kebersihan,” kata Kasi Pengelolaan Objek Wisata TNBTS Sarmin. (saw/yog)