Jelang Perayaan Imlek, Klenteng Tjioe Tiek Kiong Lakukan Bersih – Bersih

1108

Pasuruan (wartabromo.com) – Jelang perayaan tahun baru Imlek 2568 yang jatuh pada tanggal 28 Januari 2017, umat Tionghoa Kota Pasuruan mulai terlihat bersih – bersih Klenteng Tjioe Tiek Kiong di Jalan Lombok, Kota Pasuruan, Minggu (22/1/2017) pagi.

Kegiatan bersih – bersih ini dilakukan sebagai kegiatan rutin tahunan yang kerap dilakukan oleh umat Tionghoa jelang perayaan tahun baru Imlek.

“Kami bersihkan semua yang ada di kelenteng agar kembali suci,” ujar Ketua bidang keagamaan Klenteng, Tjioe Tiek Kiong, Edi Yonanta.

imlekpasuruan02

Menurutnya, kelenteng Tjioe Tiek Kiong sendiri merupakan satu – satunya kelenteng terbesar di Kota Pasuruan, pada kegiatan bersih – bersih ini sejumlah patung seperti patung Mak Co (Dewa pelindung laut) Kwan Kong (Dewa perang) Kwan In (dewa kasih sayang) turut dibersihkan dengan menggunakan air bunga.

Baca Juga :   Misa Natal, Polisi Perketat Keamanan di Gereja

Tak hanya itu, sejumlah abu bekas pembakaran dupa pun disaring dan dibersihkan agar nantinya semuanya kembali bersih untuk peribadatan pada malam tahun Imlek.

“Pada malam tahun baru Imlek nanti akan ada kegiatan malam puncak mulai pesta kembang api sampai penampilan barangsoi, ” urainya.

Tahun baru Imlek nanti merupakan Shio ayam api sehingga melalui proses sembahyang diharapkan akan membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia dibandingkan tahun sebelumnya. (lin/yog)