Maksimalkan Dana Desa, Desa Jatiarjo Prigen Membangun

0
411

Prigen (wartabromo.com) – Desa Jatiarjo terletak di lereng Arjuna dan memiliki jumlah penduduk sekitar 7.016.00 jiwa.

Desa yang memiliki udara sangat sejuk lantaran berdekatan dengan pintu masuk pendakian Arjuna ini dipimpin oleh seorang Kepala Desa bernama Sareh Rudianto.

Selama kurun waktu tahun 2016, Desa yang memiliki 3 Dusun yakni Dusun Cowek, Tegal Kidul dan Tonggowa terus melakukan pembangunan di berbagai bidang mulai dari infrastruktur hingga berbagai pelatihan bagi warganya.

“Kami melakukan pengelolaan anggaran yang bersumber dari Dana Desa sebesar Rp. 675.523.000, Bagi Hasil Retribusi Daerah sebesar Rp. 104.571.917 serta Alokasi Dana Desa sebesar Rp. 444.100.000, ” kata Kepala Desa Jatiarjo, Sareh Rudianto.

Sumber dana tersebut, lanjutnya dimanfaatkan untuk melakukan pembangunan di berbagai bidang antara lain di bidang Pemerintahan Desa yang dianggarkan sekitar Rp. 458.704.720 dimanfaatkan untuk pemberdayaan perangkat, BPD dan RT RW serta belanja ATK dan modal.

IMG-20170227-WA0204

Di bidang pelaksana pembangunan senilai Rp. 681.130.687 yang dialokasikan pada pembangunan balai dusun Tonggowa dan Tegal Kidul, pembangunan tandon di sejumlah titik, pipanisasi, pavingisasi, plengsengan dan juga pembangunan gorong – gorong.

“Kami juga melakukan pembinaan kemasyarakatan seperti mengadakan pelatihan ketrampilan, pelatihan kader – kader PKK, sosialisasi bahaya narkoba dan kegiatan lainnya, ” lanjut Sareh.

Menurutnya, upaya untuk meningkatkan pembangunan di desa Jatiarjo terus dilakukan di berbagai bidang. Pihaknya berharap masyarakat senantiasa berperan aktif untuk bersama – sama melakukan pengawasan terutama dalam persoalan transparansi anggaran.

“Pendidikan juga menjadi prioritas kami. Selama tahun 2016 kemarin kami sangat terbantu dengan keberadaan CSR dari TSI II Prigen yang telah memberikan beasiswa kepada siswa tidak mampu dan putus sekolah, ” pungkasnya.

Simak video kegiatan Desa Jatiarjo :

(***/adv)