Padang Savana Bromo Terbakar

1548

Probolinggo (wartabromo.com) – Padang savana di Bukit Teletubbies di kawasan Gunung Bromo, terbakar, Senin (11/9/2017) terbakar. Diduga kebakaran itu dipicu oleh puntung rokok yang mengenai rerumputan kering.

Dari informasi yang didapat wartabromo.com, kebakaran hutan itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Awalnya, kebakaran itu diketahui oleh wisatawan saat berkunjung di sekitar bukit Teletubbies.

Petugas masih terus melakukan upaya pemadaman. Namun, kondisi rerumputan kering karena terik panas matahari menyulitkan upaya pemadaman oleh petugas. Tak hanya itu, tiupan angin kencang juga menyulitkan petugas.

“Belum tahu luasannya berapa. Teman-teman masih melakukan pemadaman awal. Jadi belum bisa diprediksi luasannya berapa,” ujar Kabid Wilayah 1 TNBTS Farianna Prabandari, kepada wartabromo.com.

Baca Juga :   Puluhan Tahun Tak Diakui Negara, Ratusan Pasangan Ramaikan Isbat Nikah

Ia mengatakan saat ini, belum mengetahui penyebab kebakaran secara pasti. Pihaknya mengaku akan fokus kepada penyelidikan penyebab kebakaran setelah api berhasil dikendalikan.

Hanya saja beberapa relawan dan warga sempat menduga-duga kebakaran terjadi lantaran terkena percikan bara puntung rokok.

“Nanti setelah itu baru diketahui. Kami fokus pengendalian dulu. Sekarang sedang ditangani teman-teman lapangan,” kata perempuan berjlbab itu.

Dari keterangan beberapa relawan di lokasi, kebakaran di padang savana ini bergerak dengan cepat ke arah Jemplang Malang dan arah Probolinggo. Selain itu, hutan cemara di tebing juga ikut terbakar.

Tak hanya padang savana, kebakaran itu juga melanda Jontur, watu kuto, dan b29, yang berada di sisi selatan gunung Bromo. “Ada juga laporan kebakaran di sekitar Penanjakan, yakni
Dingklik dan bukit cinta,” ujar Sunarip. (cho/saw)