Wabup Ajak Pramuka Lestarikan Lingkungan

598

Paiton (wartabromo.com) – Wakil Bupati(Wabup) Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko, mengajak Pramuka untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Selain itu, Pramuka juga diharapkan menjadi ujung tombak promosi pariwisata di Kabupaten Probolinggo.

Hal itu diungkapkan oleh Wabup Timbul saat membuka Kemah Hijau dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 dan Hari Pramuka, Jumat (15/9/2017) malam, di Mangrove Centre Pantai Duta Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton.

“Gerakan pramuka bukan hanya kemah dan bernyanyi, namun gerakan pramuka harus ambil bagian dalam kelestarian lingkungan hidup dan mengembangkan potensi daerah khususnya di Kabupaten Probolinggo, ujar Timbul.

Pria asal Kecamatan Maron ini, berharap agar adanya Kemah Hijau mampu memberikan efek positif bagi objek wisata. Baik wisata yang baru dikembangkan atau yang sudahh lama ada, sehingga ramai dikunjungi wisatawan ini. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan kepramukaan di daerah-daerah yang jarang tersentuh atau daerah yang berpotensi untuk dikembangkan.

“Anggota pramuka disini merupakan duta Kabupaten Probolinggo. Misi kita disini adalah untuk ikut andil meramaikan dan mempromosikan serta membantu menggulirkan perekonomian yang mulai tumbuh di tempat wisata ini, tandasnya.

Setidak 550 peserta didik dari 25 pangkalan sekolah yang sudah terseleksi sebagai sekolah Adiwiyata oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, ikut ambil bagian. Kemah bertema Menyatu Dengan Alam” dan akan dilaksanakan selama 3 hari Jumat hingga Minggu (15-17/9/2017).

Selama tiga hari selain melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan tema lingkungan hidup, para peserta didik tersebut akan mendapatkan materi konservasi dan observasi ekosistem pantai serta pengelolaan sampah berbasis 3R dari DLH. (saw/saw)