Website Dinas Pendidikan Diretas Hacker

669

Probolinggo (wartabromo.com) – Website Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo diretas hacker. Hal itu diketahui oleh sejumlah wartawan membuka website Dispendik pada Kamis (16/11/2017) pagi tadi.

Website Dispendik dengan alamat domain pendidikan.probolinggokab.go.id, tak bisa diakses. Pada lamannya hanya muncul gambar kartun tengkorak memegang kapak berwarna hitam.

Selain muncul gambar kartun, website itu juga muncul tulisan bersifat provokasi terhadap pejabat. Padahal, website itu terkoneksi dengan website Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang dikelola Diskominfo.

Diretasnya website itu diketahui sekitar pukul 7.30 WIB. Saat sejumlah wartawan membuka website Dispendik. Salah satunya Geo Putra, yang ingin mengetahui informasi tentang dunia pendidikan. Bukannya mendapat informasi yang dicari, ia malah melihat gambar kartun menakutkan.

“Diretasnya website Dispendik ini, tak hanya kami, masyarakat yang ingin mengetahui informasi dunia pendidikan juga terhambat. Nggak ngerti ini sejak kapan terjadi peretasan, namun yang saya tahu waktu browsing situs itu sudah tidak bisa diakses,” kata wartawan televisi lokal ini.

Sementara untuk mengetahui penyebab diretasnya website Dispendik, wartabromo.com telah mencoba mengkonfirmasi dinas terkait. Tapi sayang, tak satupun pejabat dispendik yang berhasil dimintai keterangan. Sekretaris Dispendik Sentot Dwi Hendiyono, mengaku sedang sibuk rapat. “Masih rapat mas,” tulisanya melalui pesan singkat. (saw/saw)