Haul Kyai Hamid ke-36, Gus Idris : Acara Ini Milik Masyarakat

4734

Pasuruan (wartabromo.com) – Haul Al Maghfurlah KH. Abd Hamid merupakan milik seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, dibuktikan dengan hadirnya jamaah, tumpah ruah memenuhi pusat Kota Pasuruan. Puncak haul Kyai Hamid dijadwalkan Selasa, 28 Nopember 2018 esok, berpusat di Pondok Pesantren Salafiyah Kota Pasuruan.

Hal tersebut diungkapkan KH. M. Idris Hamid (Gus Idris) kepada wartabromo.com di kediamannya di Jl. KH. Abd. Hamid VIII/14 Kota Pasuruan.

Dikatakan, seluruh masyarakat sekitar dan masyarakat dari penjuru daerah datang. Bahkan, diantara mereka tidak segan memberikan bantuan untuk haul.

Gus Idris pun mengaku heran, masyarakat yang membantu kebutuhan haul tersebut tidak merasa keberatan, melainkan merasa ringan.

“Gak tau kenapa masyarakat merasa enteng (ringan) membantu acara ini. Makanya, saya bilang acara ini milik masyarakat,” Ujar Gus Idris, Senin (27/11/17).

Putra terakhir Kiai Hamid ini melanjutkan, keluarga besarnya hanya memfasilitasi, membina dan mengatur acara haul tersebut, supaya acara tersebut berjalan lancar.

Dari informasi, dalam beberapa hari terakhir, bantuan untuk kebutuhan haul Kyai Hamid seperti konsumsi maupun perlengkapan lain, dari sejumlah lapisan masyarakat terus bedatangan.

Diperkirakan, ratusan ribu jamaah memadati jalanan di pusat Kota Pasuruan pada puncak acara besok.

Diketahui, puncak haul ke-36, Al-maghfurlah KH. Abd. Hamid bin Abdullah Umar akan berlangsung pada Selasa, 28 Nopember 2017 (9 Robi’ul Awal 1439 H). Peringatan tahunan ini juga terangkai dengan kegiatan temu santri Salafiyah, tergabung dalam Himpunan Alumni Bayt Al-Hikmah (HIMMAH).

Sementara sebanyak 918 personil gabungan dari berbagai kesatuan dikerahkan untuk pengamanan haul, disebar di puluhan titik wilayah Kota Pasuruan. (ozi/ono).