Gerakan Rejoso Kita dan Kelompok Tani DAS Rejoso Tandatangani Kontrak Ko-Investasi Jasa Lingkungan

1429

Fajar Kurniawan selaku Senior Advisor dari YSII mengungkapkan, DAS memiliki fungsi yang sangat penting untuk menyimpan air dan mengalirkannya dari daerah hulu ke hilir. DAS yang sehat akan mengalirkan air dengan kuantitas dan kualitas yang optimal bagi masyarakat.

“Skema pembayaran jasa lingkungan dengan prinsip ko-investasi jasa lingkungan ini merupakan sebuah langkah konkret pemberian insentif berbasis kinerja konservasi bagi petani di kluster hulu dan tengah DAS Rejoso agar dapat berkontribusi melakukan kegiatan pertanian ramah lingkungan yang dapat meningkatkan kualitas jasa lingkungan.” kata Fajar menambahkan.

Keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain dalam pengelolaan dan pelestarian DAS sangatlah penting, karena arah pembangunan desa berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat dan penyelamatan lingkungan dari degradasi dan kerusakan lainnya.

Baca Juga :   Menikmati “Keperawanan” Air Terjun Umbulan Probolinggo

Gerakan Rejoso Kita secara terus menerus mengajak sebanyak mungkin pihak untuk turut bergabung, khususnya pengguna air dari DAS Rejoso. Selain mendapatkan dukungan dari lembaga swadaya masyarakat, Badan Usaha Milik Daerah, lembaga penelitian, pemerintah, dan masyarakat, Gerakan Rejoso Kita juga telah mendapatkan dukungan dari sektor swasta.

Danone-AQUA adalah salah satu sektor swasta yang menyatakan komitmennya untuk bergabung pada Thought Leaders Forum di Surabaya pada Mei 2017 lalu.

“Kami meyakini bahwa pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya air adalah tanggung jawab bersama. Kami sangat mengapresiasi dan turut mendukung skema ko-investasi yang digalang oleh Gerakan Rejoso Kita. Semoga para pemangku kepentingan lainnya juga bisa memahami skema ini dan ikut mendukung gerakan demi kelestarian DAS Rejoso,” tandas Senior External Relation Manager Regional lll Danone-AQUA, Budi Hartono.

Baca Juga :   Peduli Lingkungan, Gapeksindo Tanam 2.000 Mangrove

____
Tentang Rejoso Kita

Aliansi Rejoso Kita adalah kerja sama multi-pihak untuk mengembangkan pengelolaan sumber daya air di Daerah Aliran Sungai Rejoso secara terpadu, melalui investasi bersama antara pemangku kepentingan dan pengelolaan berbasis kinerja. Harapannya gerakan ini membawa dampak positif baik secara sosial, ekonomi dan lingkungan.

Diinisiasi oleh Yayasan Social Investment Indonesia (YSII), The World Agroforestry Center (ICRAF), The Nature Conservancy (TNC), dan Collaborative Knowledge Network (CK-Net) Indonesia, aliansi ini mendukung #GerakanRejosoKita sebagai sebuah gerakan yang dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sumber daya air di Rejoso bagi masyarakat di Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, dan Surabaya.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:
Fajar Kurniawan
HP : 0811379393
e-mail : [email protected]
Instagram : @Rejosokita

Baca Juga :   Kawasan Biosfer Bromo-Tengger-Semeru Dikenalkan Lewat Gerbong Kereta Api