Atap Ponpes Miftahul Ulum Porak-Poranda Diterjang Puting Beliung

0
466

Probolinggo (wartabromo.com) – Atap gedung milik Pondok Pesantren (PP) Miftahul Ulum Desa Jati Urip, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo porak-poranda, pasca diterjang puting beliung. Beruntung dalam peristiwa itu, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Dari informasi yang dihimpun oleh wartabromo.com, musibah puting beliung menimpa pemukiman warga Desa Jati Urip, terjadi Minggu (29/1/2018) kemarin sekitar pukul 15.15 WIB. Saat itu, pusaran puting beliung terlihat dari arah barat daya, lalu berputar di atas gedung kantor bersama SMA dan SMP Islam Miftahul Ulum.

Akibatnya, puting beliung menyapu atap gedung berbahan galvalum itu bersamaan dengan hujan deras. Atap gedung berukuran 6×6 meter itu, porak-Poranda. “Muternya sebentar sekitar 15 detik, lalu reda. Setelahnya saya lihat atap gedung itu sudah terbalik,” tutur Sunar, tukang bangunan di area pesantren yang menyaksikan kejadian itu, Senin (29/1/2018).

Meski begitu, kerusakan itu tidak menggangu aktifitas belajar mengajar di sekolah. Sebab, lantai atas belum ditempati karena masih dalam tahap renovasi. Selama ini yang dimanfaatkan hanya lantai 1 saja. “Tidak menggangu, nanti biar tukang yang memperbaiki. Materialnya kan tidak berserakan, melekat diatap,” terang Pengasuh PP Miftahul Ulum, KH. Abdul Wasik Hannan.

Pria yang biasa disapa Kiai Wasik ini, mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo dan pemerintah desa, untuk rencana tindak lanjut. Diperkirakan akibat terjangan puting beliung itu, pihaknya mengalami kerugian senilai Rp. 150 juta. “Sudah koordinasi, semoga saja ada bantuan dari pemerintah,” tutur kiai yang mendirikan PP Miftahul Ulum pada tahun 1994 silam ini. (saw/saw)