Banjir Capai 2 meter, Warga Kedawung mengungsi

482

Pasuruan (wartabromo.com) – Korban banjir di wilayah Kedawung, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan mengungsi. Mereka mengamankan diri ke tempat yang kebih kering, menghindari banjir yang merendam pemukiman, yang mencapai ketinggian dua meter.

Kondisi tersebut, diantaranya terpantau pada warga Dusun Kebru’an Desa Kedawung Kulon Kecamatan Grati. Sampai dini hari ini, mereka mencoba mengamankan diri, mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Salah satu lokasi cukup banyak berada di salah saru masjid desa. Selain bertingkat, posisi masjid cukup aman dari genangan banjir, sehingga jadi pilihan untuk mengungsi. Selain itu, rumah-rumah bertingkat milik warga pun tidak luput dari upaya mengamankan diri dari banjir.

Para pengungsi di tempat tersebut, lebih banyak masih anak-anak dan warga dengan usia terbilang lanjut..

Dusun Kebru’an, salah satu lokasi banjir terparah. Di jalan dan pemukiman, ketinggian air mencapai 1,5-2 meter.

Namun dwmikian, beberapa warga sebelumnya lebih memilih menyelamatkan barangnya terlebih dahulu. Kemudian mengungsi ke rumah tetangga maupun masjid terdekat atau juga ke tempat yang lebih kering dan tidak terkena banjir.

“Semakin tinggi mau tidak mau ya ngungsi,” ujar saminah, seorang nenek ketika ditolong salah satu warga.

Diwartakan 3 jam diguyur hujan, banjir hampiri 3 kecamatan, yaitu Grati, Winongan, dan Rejoso. Dari ketiga kecamatan itu, ada belasan Desa yang masih terendam banjir. (trd/ono)