Mengenal Lempuk, Ikan yang Hanya Bisa Hidup di Danau Ranu-Grati

0
3544

 

Grati (wartabromo.com) – Pasuruan sebenarnya daerah kaya akan sumber daya alam. Siapa sangka, di daerah berluas 1400 kilometer ini, ikan berprotein tinggi dan satu-satunya di Indonesia bisa berkembang biak dengan baik.

Sebut saja ikan lempuk. Bagi warga Pasuruan asli, mungkin ikan lempuk ini terlihat biasa saja. Tapi ternyata, ikan kecil berukuran 3-4 sentimeter ini hanya bisa berkembang di 2 Negara, yakni Indonesia dan Jepang. Bahkan, di Indonesia pun, ikan mungil bergizi tinggi ini hanya bisa berkembang biak di Ranu Grati, Pasuruan.

“Ikan lempuk ini lebih bagus dari pada di Jepang, karena di Jepang lebih hitam,” tutur Sumitro, Petani ikan di Danau Ranu.

Sementara itu, pembudidaya lempuk mengungkapkan bahwa banyak sekali mahasiswa hingga peneliti, bereksperimen dengan ikan unik ini.

“Beberapa mahasiswa sudah banyak yang meneliti ikan ini,” tutur Muhsin, salah satu pembudidaya lempuk Di Desa Sumbersari Kecamatan Grati.

Bahkan beberapa kali ikan air tawar ini dibawa untuk dikembangbiakkan di daerah lain, namun tiada hasil. Ikan mungil ini mati, dan tetap bisa berkembang di habitat asilinya yakni di danau Ranu Grati.

Ikan ini pun mudah dijaring karena selalu bergerombol dan tak ada musimnya. Pembudidaya ikan di Danau ranu ini biasanya mencari ikan lempuk saat pagi sekitar jam 6.00 WIB dan sore sekitar jam 16.00 WIB. Mereka terlihat bersemangat saat mencari ikan lempuk, pasalnya harga ikan tersebut terbilang tinggi. Jika dijual dalam keadaan mentah harganya bekisar Rp 30 ribu per kilogramnya. Namun jika dijual matang, harganya makin bervariasi, tergantung jenis dan bentuk pengolahannya.

Ikan ini biasanya diolah menjadi rempeyek dan crispy, yang diperuntukkan untuk lauk dan camilan. Rempeyek dan crispy lempuk ini pun menjadi pilihan bukan hanya oleh warga pasuruan, namun bisa sampai dikirim ke wilayah Jawa Timur, Jakarta, dan Bali.

Sementara itu, kelebihan lempuk, selain kandungan gizinya yang banyak, ikan kecil ini cocok untuk dikonsumsi ibu hamil, bahkan baik untuk perkembangan otak anak kecil.

Bagaimana? Sudah mencoba nikmati ikan mungil ini? (trd/may)