DPKP Bangun Toilet di Sekitar Makam Tuan Guru Bangil

1590

Bangil (wartabromo.com) – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) membangun toilet di kawasan makam KH. Muhammad Syarwani Abdan Al-Banjari di Kelurahan Kauman, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Sarana di sekitar makam yang lumrah disebut Tuan Guru Bangil itu, akan dimanfaatkan untuk menunjang keperluan warga dan peziarah sehari-hari.

Matsaid, Lurah Kauman mengungkapkan, selama ini warga di sekitar makam sering buang air besar di sungai yang jaraknya mencapai 1 km. Bukan hanya warga, pentakziah juga sering memanfaatkan sungai untuk keperluan buang hajatnya.

“Ya warga biasanya pergi buang air besar ke sungai, dan itu jauh mas,” ujar Matsaid, Lurah Kauman, Selasa (24/7/2018).

Sementara itu, Abdul Madjid, Kepala Seksi Sanitasi Lingkungan, DPKP Kabupaten Pasuruan mengatakan, bangunan tersebut berluas 10 x 4 meter persegi.

Baca Juga :   Mantan Walikota Probolinggo HM Buchori Dijatuhi Vonis 2 Tahun

“Luasnya 10 x 4, itu terdiri dari 4 toilet, tempat cuci dan tempat wudhu,” ujarnya.

Seorang pekerja sedang meletakkan batu bata saat membangun Toilet di Kelurahan Kauman, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Selasa (24/7/2018).

Bukan hanya itu, DPKP Kabupaten Pasuruan juga membuat saluran Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di bawah kamar mandi tersebut. Saluran itu diperuntukkan pada sedikitnya 60 Kepala Keluarga yang berada di sekitar Kelurahan Kauman, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

“Pembangunan toilet dan dan saluran IPAL bermanfaat bagi seluruh warga yang berada di sekitar makam itu sendiri,” kata Madjid.

Madjid menambahkan, pembangunan toilet yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 198 juta tersebut diperkirakan selesai 3 bulan kedepan.

Diketahui, sebelumnya belum ada kamar mandi umum yang bisa digunakan oleh para pentakziah. Mereka biasanya memanfaatkan kamar mandi musholla, meski tidak bisa sepenuhnya menunjang keperluannya. Apalagi, pentakziah terkadang membludak hingga 5 ribu lebih saat Haul berlangsung. (trd/**)

Baca Juga :   Aksi Duduki Tol Warga Sadengrejo dan Kawisrejo Digagalkan Polisi

Simak Videonya disini.

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.