Timpa MPU, Pohon Tumbang Tutup Jalan Brantas

1195
Sebuah MPU tertimpa pohon yang tumbang, terhempas angin, Minggu (5/8/2018). Tak ada korban, namun jalan Brantas tertutup hingga mengganggu perjalanan warga.

Probolinggo (wartabromo.com) – Hembusan angin kencang kembali terjadi di Kota Probolinggo. Sebuah MPU tertimpa pohon tumbang di jalan Brantas Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Minggu (5/8/2018) sore.

Sebuah pohon dengan diameter cukup besar tumbang, dihantam angin kencang sekitar pukul 15.00 WIB. Karena tak kuat menahan beban, pohon setinggi 10 meter itu ambruk dan mengenai sebuah MPU warna kuning. Beruntung MPU tersebut hanya terkena hempasan ranting-ranting saja, sehingga tak menimbulkan kerusakan berarti, terlebih korban jiwa.

Tak hanya itu, robohan pohon berusia tua itu, melintang di ruas jalan. Sehingga kendaraan bermotor, baik roda 2 maupun roda 4 tak bisa melintas. Akibatnya arus lalu lintas di jalan Brantas macet total. “Kami langsung menghubungi pihak terkait untuk melakukan evakuasi. Serta melakukan pemotongan pohon,” tutur Ahmad, warga sekitar.

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, TAGANA, kepolisian dan warga, kemudian melakukan evakuasi. Dengan cara memotong ranting pohon dan menepikan batang yang besar. Sehingga arus lalu lintas kembali lancar. MPU yang terkena hempasan di bagian atap kemudian dibawa pulang oleh pengemudinya.

Proses evakuasi memakan waktu sekitar 45 menit. Pihak kepolisian pun langsung melakukan rekayasa arus lalu lintas. Kendaraan yang hendak melintas ke arah jalan Brantas, dialihkan. Polisi melakukan pengalihan arus dari perempatan jalan Gus Dur, dan pertigaan jalan Curah Grinting.
“Untuk menghindari penumpukan kendaraan, kami tempatkan anggota dan mobil Patwal di dua titik. Sehingga proses evakuasi pohon tumbang bisa dilakukan dengan cepat dan lancar. Alhamdulillah saat ini sudah kembali normal,” kata Kasatlantas Polresta Probolinggo, AKP Alpogohan.

Menghindari terjadinya pohon tumbang susulan, pihak terkait langsung melakukan pengecekan pada pohon berusia tua. Selain juga mengupayakan pemangkasan ranting dan dahan pohon, untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang karena angin kencang. (lai/saw)