Kebakaran Bromo Sudah Padam

999
Bukit Teletubies Bromo.

Probolinggo (wartabromo.com) – Kebakaran hebat selama tiga hari di padang savana Gunung Bromo sudah padam. Kejadian ini, dipastikan tidak mengganggu aktifitas wisata di destinasi internasional itu.

Camat Sukapura, Yulius Christian menuturkan api terdeteksi mulai padam di sekitar jam 14.00 WIB, Senin (3/9/2018). Lokasi itu, berbatasan langsung dengan areal pasir berbisik. Sehingga secara otomatis api padam dengan sendirinya. Di lokasi itu, ilalang ludes terbakar habis.

“Sudah bisa diatasi petugas,” ujar Yulius, Selasa (4/8/2018) pagi.

Yulius mengatakan, kebakaran itu tidak berpengaruh pada aktifitas wisata di sekitar Bromo. Kecuali di areal Bukit Teletubbies atau Padang Savana itu sendiri. Karena kondisinya menghitam setelah terbakar.

“Tetap kami himbau agar wisatawan berhati-hati, dikhawatirkan masih ada sisa bara api. Untuk areal lain, seperti pasir berbisik, laut pasir, pura luhur poten, mentigen dan penanjakan aman dikunjungi,” imbuhnya.

Namun demikian, wisatawan yang berkunjung tetap dihimbau agar berhati hati. Tidak membuang sampah dan puntung rokok sembarangan. Agar kebakaran serupa tidak terulang, serta kondisi alam tidak kotor.

Sebagai informasi, titik api diduga berasal dari wilayah Savana Dusun Jemplang, Desa Ngadas Kidul, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, pada Sabtu (1/9/2018), sekira pukul 10.00 pagi. Api kemudian merembet sampai ke wilayah Bukit Teletubies dan Padang Savana Kabupaten Probolinggo. (lai/saw)