Maling Gondol Uang Amal Masjid

1038
Alas tempat kotak amal masjid yang dicuri.

Probolinggo (wartabromo.com) – Uang amal jariyah masjid Al-Hidayah jalan Basuki Rahmat Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, amblas digondol maling. Lenyapnya uang dalam kotak amal itu, diketahui oleh jamaah masjid setelah sholat subuh pada Kamis (13/9/2018).

Ketua Takmir Masjid AL- Hidayah Sukiman, menuturkan pencurian uang dalam kotak amal itu diperkirakan terjadi pada malam hari atau dinihari. Maling itu, masuk ke dalam masjid melalui jendela masjid sebelah utara. Caranya dengan merusak tralis besi yang ada di jendela itu.

“Awalnya jamaah tidak menyadari hal itu. Namun, ternyata salah satu jamaah melihat uang kosong saat mau memasukkan amal jariyah. Jamaah kaget setelah melihat uang dalam dua kotak amal amblas. Dengan merusak gembong yang ada di kotak amal tersebut,” kata Sukiman.

Maling uang amal tersebut dapat beraksi dengan leluasa, karena di masjid tersebut tidak ada penjaga malamnya. Uang yang hilang di dua kotak amal masjid itu, diperkirakan sebesar kurang lebih Rp 500.000. Amal jariyah itu, merupakan uang jariyah jamaah dalam seminggu terakhir.

Dengan hilangnya uang kotak amal tersebut, Sukiman berharap agar maling tersebut segera diberikan kesadaran dan tidak mau mengulangi kegiatan serupa.

“Apalagi uang itu merupakan hasil amal jariyah jamaah masjid,” ujar Sukiman.

Sementara itu, petugas yang mendapat laporan, langsung mendatangi TKP. Mereka melakukan olah TKP dan memintai keterangan sejumlah saksi-saksi mata.

“Diduga melakukan pencurian uang kotak amal masjid dengan melakukan pemecahan kaca dan tralis besi jendela. Kami masih melakukan penyelidikan atas kasus, semoga pelakunya dan motifnya bisa segera terungkap,” jawab Kapolsek Mayangan Kota Probolinggo, Kompol Ahmad Firman Wahyudi diplomatis. (fng/saw)