FKPU 2018, Ajang Kenalkan UKM Pada Siswa

798
Para siswa saat melihat salah satu stand kerajinan laut di Festival Kesenian Pesisir Utara, Sabtu (22/9/2018). (Foto : Akhmad Romadoni)

Pandaan (wartabromo.com) – Ratusan siswa dari berbagai sekolah di Kecamatan Pandaan, penuhi stand Pameran di Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU). Tujuannya, untuk mengenalkan Usaha Kecil Menengah (UKM) kepada para siswa.

Sebanyak 31 stand yang ada di Taman Candra Wilwatikta penuh dengan para siswa sekolah dari wilayah Pandaan dan sekitarnya. Mereka antusias dengan memberikan berbagai pertanyaan kepada setiap stand, mengenai cara pembuatan kerajinan, hingga kuliner khas daerah peserta.

Kepala Bidang Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Nurul Hidayati mengungkapkan, festival ini memang untuk dinikmati oleh berbagai kalangan. Salah satunya para pelajar di sekolah-sekolah.

“Agar mereka mengenal tradisi dan seni budaya dari daerah lain itu,” ujar Nurul.

Sementara itu, Cintya, salah satu siswa SMP mengatakan, ia tertarik dengan kerajinan yang ditampilkan oleh beberapa stand. Menurutnya, semuanya unik dengan berbagai macam corak dan motif khas dari berbagai daerah.

“Cukup tertarik dengan batik tadi, dengan corak dan motif yang bagus,” kata Cintya.

Diketahui, acara Festival ini sudah dibuka sejak Jum’at (21/9/2018) malam. 14 peserta perwakilan Kota dan Kabupaten di seluruh wilayah Jawa Timur ramaikan event tahunan ini.

Ada 14 kontingen dari 3 Kota dan 11 Kabupaten yang mengikuti festival tahunan ini. Antara lain Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Pamekasan. (trd/**)