6 Desa di Krejengan Disapu Puting Beliung

5388

Krejengan (wartabromo.com) – Enam desa di Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo di sapu puting beliung pada Minggu (18/11/2018) sore. Belum ada laporan korban jiwa yang diterima pemerintahan daerah setempat.

Ke-enam desa itu adalah Desa Rawan, Opo-opo, Seboro, Karangren, Sumber Katimoho dan Kedung Caluk.

“Sejauh ini dilaporkan ada enam desa yang dilanda puting beliung. Yanh dilaporkan kepada kami masih terkait kerusakan bangunan. Belum ada laporan korban jiwa dan berapa jumlah rumah atau bangunan yang rusak,” kata Camat Krejengan, Rachmad Hidayanto, saat dihubungi wartabromo.com.

Informasi yang didapat wartabromo.com, puting beliung itu sendiri terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu, mendung bergelayut di langit Kecamatan Krejengan. Kemudian butiran air dari langit turun dengan derasnya. Hujan itu juga diikuti oleh gemuruh angin kencang yang kemudian menerjang kawasan pemukiman penduduk.

[Simak Videonya : 6 Desa di Krejengan Disapu Puting Beliung ]

Akibatnya banyak pohon bertumbangan karena tak mampu menahan hempasan angin kencang. Tak hanya itu, rumah penduduk juga banyak yang rusak pasca diterjang angin. Sehingga membuat warga panik berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri dari reruntuhan rumah.

Kerusakan serius itu, seperti terlihat di Desa Rawan. Di desa ini, ada 3 dusun yakni Dusun Semar; Dusun Pette dan Dusun Krajan; yang dilanda puting beliung. Sejumlah bangunan seperti rumah, gedung sekolah dan musala rusak. Selain dihempas puting beliung, bangunan itu rusak setelah ditimpa pohon yang roboh.

“Banyak bangunan yang rusak setelah ditimpa pohon. Kami masih mendata berapa rumah yang rusak. Saat ini, warga bergotong royong untuk membersihkan pepohonan yang roboh,” kata Kepala Desa Rawan, Mustafa.

Sejauh ini, belum ada data pasti berapa rumah dan bangunan lainnya yang rusak akibat puting beliung ini. Pihak Kecamatan Krejengan masih menunggu laporan dari desa-desa yang tertimpa musibah angin kencang. (cho/saw)