Dikucuri Rp 13 Miliar, PDAM Pasuruan Targetkan Penambahan 18 Ribu Pelanggan

655

Pasuruan (WartaBromo.com)¬†–¬†Dana besar dikucurkan Pemkab Pasuruan kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Dana sebesar Rp 13 miliar diberikan Pemkab untuk menunjang kinerja dan juga menambah cakupan pelanggan perusahaan pelat merah itu.

Direktur PDAM Kabupaten Pasuruan, Za’ari mengatakan, dana miliaran rupiah itu dipakai untuk pengadaan lahan lokasi recervoir. Jumlahnya lima titik se Kabupaten Pasuruan. Diantaranya di Gempol, Rembang, Winongan, dan dua titik lokasi lainnya.

“Betul. Tahun ini memang ada suntikan dana yang masuk dari Pemkab. Jumlahnya Rp 13 miliar yang kami pakai untuk pengadaan lahan recervoir. Tapi, itu juga belum semua cair,” jelas Ari, sapaan akrabnya saat dihubungi melalui sambungan seluler.

Ari menuturkan, pembangunan lima titik recervoir itu merupakan bagian dari upaya pemenuhan air bersih. Diketahui, menyusul dimulainya proyek SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Umbulan, Pemkab Pasuruan mendapat bantuan untuk pembangunan lima titik stasiun penerimaan air Umbulan dari pemerintah pusat.

Untuk bisa mengambil bantuan itu, Pemkab melalui PDAM diminta menyediakan lahan yang akan dipakai lokasi pembangunan recervoir. “Jadi, kami bertugas untuk penyediaan lahannya. Sementara untuk pembangunan fisiknya, pusat yang meng-cover,” terang Ari.

Di sisi lain, keberadaan lima stasuin penerimaan dan distribusi itu diharapkan bisa menunjang kinerja dan juga pelanggan PDAM ke depan. Menurut Ari, saat ini jumlah pelanggan PDAM mencapai sekitar 26 ribu. Dengan stasiun tambahan itu nanti, ia mematok ada 18 ribu sambungan baru yang bisa dibuat. (ono/ono)