Hati-hati, Sempat ada Longsor di Sekitar Air Terjun Madakaripura

0
677
Petugas di lokasi tanah longsor. Kejadian ini sempat mengganggu akses masuk tempat wisata air terjun Madakaripura, meski kemudian material longsor dapat segera dibersihkan.

Lumbang (wartabromo.com) – Tanah longsor terjadi di sekitar pintu masuk air terjun Madakaripura, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Tak ada korban jiwa, namun longsoran sempat mengganggu akses wisata alam ini.

Informasi yang didapat wartabromo.com, bencana tanah longsor itu terjadi pada Sabtu (19/1/2019) sekitar pukul 02.45 WIB. Titik longsor berada di dekat loket pintu masuk ke wisata air terjun Madakaripura. Tanah dari ketinggian sekitar 10 meter, tiba-tiba meluncur menimpa Gedung Pertemuan dan MCK.

“Tidak ada yang tahu persis kejadian longsor tersebut, namun diperkirakan terjadi dini hari setelah semalam sebelumnya di kawasan ini turun hujan lebat. Diperkirakan seperti itu. Tidak ada korban jiwa, tapi gedung pertemuan dan MCK hancur kena material longsoran,” kata salah satu petugas keamanan, Karyono, Minggu (20/1/2019).

Petugas dan masyarakat sekitar, kemudian berupaya membersihkan material longsoran dengan alat seadanya. “Hal itu dilakukan agar tidak menggangu jalan para pengunjung. Alhamdulillah semuanya terlibat untuk membersihkan material longsoran. Untuk wisata tetap dibuka,” terang Karyono.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi meminta masyarakat sekitar dan pengunjung untuk tetap waspada. Ia juga mengimbau, warga tidak masuk kawasan air terjun Madakaripura, bila saja melihat mendung tebal. “Tetap waspada dan kalau sudah gerimis jangan diteruskan untuk masuk,” larangnya. (cho/saw)