Domba milik Warga Paiton Mati Kena Gigitan, Diserang Anjing “Jadi-jadian”?

2307

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemilik domba di Desa Karang Anyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, resah. Pasalnya kawanan anjing liar menyerang ternak mereka, bahkan diantaranya ada yang sampai mati.

Serangan anjing liar itu, terjadi pada antara Minggu malam hingga Senin dinihari (27-28/1/2019) di RT 16 RW 6 Dusun Krajan. Salah satunya yang diserang adalah domba milik Rahma. Dari 8 domba peliharaannya, 2 diantara mati, seperti digigit anjing.

Pria paruh baya itu menuturkan, awal dirinya tak menyangka domba yang dipeliharanya akan diserang anjing liar. Ia baru tahu ada serangan anjing liar, saat kandangnya gaduh. Ternyata setelah diperiksa, ada 2 domba terkapar dan ada 2 lainnya luka-luka.
Olehnya, kedua bangkai domba yang mati itu dikubur tak jauh dari kandangnya. “Tahu-tahu sudah ada yang mati. Ndak ngerti apa penyebabnya, tapi ada bekas gigitan di lehernya seperti gigitan anjing,” tuturnya dalam bahasa Madura, Selasa (29/1/2019).

Baca Juga :   Target Penerimaan Pajak Hotel di Kabupaten Pasuruan Meningkat Jadi Rp 8,5 M

Tentu saja, peristiwa itu menggegerkan warga sekitar. Ada yang berspekulasi, domba-domba milik Rahma diserang anjing jadi-jadian. Sebab di kampung tersebut tak ada yang memelihara anjing. Mengantisipasi kejadian serupa, mereka kemudian berjaga-jaga pada Senin malam dan Selasa dinihari.

“Tadi malam memang ada gerombolan anjing liar, tapi setelah dikejar hilang. Makanya warga di sini resah, takut domba peliharaannya ikut diserang juga. Warga kemudian berjaga-jaga untuk memburunya,” kata Mulyadi, warga lainnya.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Dinas Peternakan Kabupaten Probolinggo terkait peristiwa tersebut. Namun, petugas kesehatan hewan sudah datang ke lokasi. (cho/saw)