Masuk Kampus Inzah, Lutung Jawa Diamankan

2828

Probolinggo (wartabromo.com) – Seekor Lutung Jawa (Trachypithecus Auratus) menggegerkan kampus Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZAH) Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Pihak kampus pun mengamankannya karena membuat para mahasiswi ketakutan.

“Dalam beberapa hari terakhir, lutung itu sering menampakkan diri di pepohonan sekitar kampus. Tapi belum masuk ke areal kampus. Namun, kemarin masuk kampus dan membuat para mahasiswi menjerit ketakutan. Karena mengganggu aktivitas perkuliahan, maka kami berinisiatif mengamankannya,” ujar Mujibur Rahman, salah satu dosen INZAH, Selasa (5/2/2019).

Masuknya hewan dilindungi itu, terjadi pada Senin (4/2/2019) sekitar pukul 13.00 WIB. Kemudian sekitar pukul 14.00 WIB, lutung jawa itu ditangkap oleh pihak kampus karena membuat mahasiswi ketakutan. Hewan berjenis kelamin betina itu, lantas diamankan di komplek kampus.
Setelah itu, hewan langka ini berpindah tangan ke anggota 5:am_wildlifephotography, selaku suporter PROFAUNA Indonesia untuk penanganan pertama. Sebab, lutung jawa ini mengalami stres karena terpisah dari habitatnya.

Baca Juga :   KPK Akan Putuskan Status Setiyono Hari Ini

“Kejadian tersebut kemudian diunggah oleh salah satu warga masyarakat sekitar kampus ke sebuah grup WhatsApp dan kebetulan terpantau oleh kami,” kata Hendra Trisianto, anggota komunitas 5:am_wildlifephotography.

Hendra menduga lutung jawa yang merupakan hewan endemik Gunung Argopuro itu, peliharaan warga. Namun, primata yang biasa hidup berkoloni itu stres, kabur dari sangkar untuk mencari kawanannya.

“Naluri liarnya masih ada, kami duga primata ini baru dipelihara oleh warga. Itu ditandai dari ujung ekornya masih utuh dan belum dipotong oleh pemiliknya. Kami sudah berkoordinasi dengan BKSDA Probolinggo untuk pelepas-liarannya. Untuk sementara kami amankan dari keramaiam manusia,” terang staf Diskominfo Kabupaten Probolinggo ini. (cho/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.