Pasuruan Kejar Penerbitan 1,4 Juta KTP-el

591

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan terus mengebut, mempercepat penyelesaian KTP-el. Ini dilakukan untuk memenuhi target 1,4 juta warga Kabupaten Pasuruan miliki KTP-el.

Dari jumlah 1,4 juta tersebut, saat ini Dispendukcapil masih memiliki tanggungan untuk menyelesaikan pencetakan KTP-el sebanyak 70 ribu keping.

Yudha Triwidya Sasongko, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan mengatakan, pihaknya akan segera menyelesaikan 70 ribu keping KTP-el. Hanya saja, Dispendukcapil masih bergantung pada bantuan pusat lantaran jumlah tersebut tidak dapat diselesaikan secara langsung.

Yudha Triwidya Sasongko, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan, menunjukkan KTP-el milik warga yang telah tercetak.

“Kami masih punya tanggungan sekitar 70 ribu, dari jumlah itu kami minta bantuan pusat sebesar 45 ribu sedangkan yang 35 ribu akan kami cetak di kantor kami sendiri,” ungkapnya saat ditemui di kantornya yang berlokasi di Komplek Pemkab Pasuruan, Jumat (15/3/2019).

Yudha juga mengungkapkan, pihaknya harus meminta bantuan kepada pusat agar KTP-el dapat segera didistribusikan kepada masyarakat.

“Kita sudah bekerja sama dengan pihak perum percetakan untuk dilakukan pencetakan di pusat sehingga KTP-el bisa didistribusikan segera ke masyarakat,” imbuh mantan Kadis Pol PP Kabupaten Pasuruan ini.

Untuk memenuhi target kepemilikan KTP-el sebanyak 1,4 juta, Dispendukcapil terus berbenah. Upaya jemput bola langsung kepada masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan ini semakin digencarkan. Salah satunya melalui program Kendaraan Urun Rembuk Masyarakat (Kenduren Mas).

“Upaya jemput bola kita lakukan, seperti mendatangi sekolah maupun lembaga keagamaan seperti pesantren,” pungkasnya. (ptr/ono)