Bromo Erupsi, Warga Probolinggo Dapat Pengobatan Gratis

317

Probolinggo (wartabromo.com) – Sejumlah posko kesehatan gratis dibuka oleh Pemkab Probolinggo dan Pemprov Jatim. Posko ini melayani warga Tengger yang terpapar abu vulkanis Gunungapi Bromo yang hingga kini masih erupsi.

Dibukanya posko kesehatan ini, karena sejak diguyur hujan abu, banyak warga terserang penyakit. Diantaranya infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare. Seperti di Desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura, yang hampir 35 persen warganya terserang ISPA. Meski jumlah pastinya masih belum dapat dihitung.

“Dua minggu terakhir kami sudah mengadakan pos kesehatan. Utamanya di beberapa desa yang terdampak abu vulkanik Bromo. Seperti Ngadas, Jetak, Wonotoro, Ngadisari dan Ngadirejo,” kata Kepala Puskesmas Sukapura, dr. Harip Supriadi, Kamis (28/3/2019).

Selain memberikan obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan, warga yang datang ke posko juga diberi masker. Kendati demikian, hingga saat ini masih belum ada laporan warga terserang sakit dengan kategori serius.

Sasaran utama pengobatan gratis ini, diperuntukkan pada sekitar 1.500 jiwa, warga Desa Ngadirejo. Mulai dari ibu hamil, lansia hingga anak-anak. Selain obat, tim medis juga memberikan makanan penunjang nutrisi untuk anak-anak terdampak abu vulkanik Bromo. Posko kesehatan ini, akan terus dibuka, sampai kondisi Gunungapi Bromo kembali normal. (lai/saw)