Akun Facebook Bupati Lumajang Dikloning, Minta Uang ke Warganet

0
586
Kloningan Facebook Bupati Lumajang yang dijadikan modus penipuan.

Lumajang (Wartabromo.com) – Akun facebook Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di cloning oleh orang tak bertanggung jawab. Bahkan, akun palsu ini meminta sejumlah uang kepada pengguna facebook.

“Akun FB saya, ada yang meng-kloning. Dengan cara membuat akun FB baru dan menyebarkan permintaan pertemanan,” tulis Cak Thoriq, sapaan akrabnya pada akun Facebooknya, Senin (15/4/2019).

Ia pun menghimbau kepada teman dunia mayanya ini untuk tidak menerima permintaan pertemanan dari kloningan itu.

Saya berharap untuk tidak menerima pertemanan dari FB baru tersebut yang atas nama saya, dan menyamai persis akun saya. Selanjutnya, melakukan penipuan dengan meminta uang dengan cara melalui massanger dan WA,” lanjutnya.

Selain mengunggah informasi tersebut, Cak Thoriq juga menyebarkan skrinsut gambar modus penipuan ini. Terlihat pada aplikasi facebook messenger, Cak Thoriq palsu mengatakan bahwa istrinya akan melakukan operasi. Lalu pada aplikasi chat Whatsapp dijelaskan, istri cak Thoriq menderita penyakit kanker Payudara.

Jika dilihat dari hasil skrinsut, jelas sekali akun kloningan itu mirip dengan akun asli. Pasalnya foto profil facebook, unggahan foto di facebook, dan foto profil Whatsapp persis menggunakan foto asli Cak Thoriq. Namun saat wartabromo menelusuri kembali, akun bodong itu kosong, tanpa foto.

Saat ini wartabromo masih mencari informasi, adakah upaya pelaporan akun kloningan ini kepada pihak kepolisian. Termasuk tindakan atas adanya modus penipuan yang melibatkan Bupati Lumajang ini. (may/ono)