Rawan Rusak, Logistik ke Gili Ketapang Dibungkus Plastik

0
371
Kotak suara dibungkus plastik supaya tidak rusak kehujanan.

Probolinggo (wartabromo.com) – Pengiriman logistik ke Desa/Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, menjadi perhatian serius KPU setempat. Untuk itu, logistik tersebut dibungkus dengan plastik untuk menghindari kerusakan.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengatakan, distribusi logistik untuk Pulau Gili Ketapang akan dilaksanakan pada H-1. Bersamaan dengan desa lain yang berada di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Sumberasih, Wonomerto dan Tongas. Untuk itu, yang akan disebar pada 25 TPS akan dibungkus dengan plastik. Serta diangkut menggunakan kapal cepat milik Satpolair Polres Probolinggo. Di desa ini, ada 6.417 warga yang masuk DPT.

“Kami sudah membungkus kotak suara serta surat suara dengan plastik agar kotak dan surat suara tidak rusak pada saat terkena hujan. Apalagi di pendistribusian ke Pulau Gili Ketapang, untuk antisipasi terkena air saat penyeberangan. Tidak hanya logistik ke Pulau Gili saja. Tapi semua logistik nantinya akan kami bungkus,” kata Lukman, Senin (15/4/2019).

Lukman juga mengatakan pada pendistribusian hari pertama sesi kedua, sempat ada problem. Dimana ada ratusan logistik yang tercecer di gudang KPU. Rinciannya 58 kotak suara Presiden, 2 kotak suara untuk DPR RI, 25 kotak suara DPD, 67 kotak suara DPRD Provinsi, 31 kotak suara DPRD Kabupaten dan 103 bilik suara. Serta ada 5 set C1 Plano PPWP, 5 set C1 Plano Kabupaten Probolinggo, 1 set salinan berhologram Presiden dan Kabupaten, 175 IDcard TPS dan 1 set DCT Presiden.

“Tadi malam sekitar pukul 22.00 WIB yang memang pendistribusian untuk wilayah Paiton, kami mendapatkan berita acara dari PPK setempat terkait kekurangan tersebut. Setelah kami kroscek ke sana (Gudang KPU, red) ternyata ada satu rumah toko (Ruko,red) yang memang logistiknya belum terangkut oleh armada pengiriman logistik. Sehingga ini hanya bersifat miss komunikasi saja,” terang Lukman.

Sementara itu, Satpolair Polres Probolinggo sudah menyiagakan Kapal Patroli untuk melakukan pengawalan dan pengamanan distribusi kotak suara ke Desa Gili Ketapang. Ada 2 kapal patroli yakni dengan nomor lambung KP X – 1026 dan KP X -1049 yang akan digunakan. Kapal ini sudah dicek kondisinya oleh petugas.

“Pengecekan meliputi mesin dan kabin kapal serta alat keselamatan. Sehingga nanti saat digunakan kapal Patroli kondisi prima dan terjamin keamanan logistik. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan logistik, karena cuaca saat ini,” terang Kasatpolair Polres Probolinggo AKP. Slamet Prayitno.

Pemilu 2019 di Kabupaten Probolinggo akan diikuti oleh 884.636 yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ada 3.504 TPS yang disediakan di 330 desa/kelurahan di 24 kecamatan. KPU menyediakan 4.519.000 surat suara untuk DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi Jawa Timur, DPRI RI, DPD, dan Presiden. (cho/saw)