Satu Jam Sebelum Ditutup, Bupati Lumajang Klaim 80% Warganya Sudah Nyoblos

20744

Lumajang (Wartabromo.com) – Bupati Lumajang memantau langsung Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Lumajang. Menurutnya, 80 % warga Lumajang sudah mencoblos pada 1 jam sebelum penutupan proses pemungutan suara.

“Hari ini saya memantau suasana pencoblosan di beberapa Kecamatan. Rata-rata sudah 80 % warga sudah mencoblos sampai jam 12 siang ini,” ujar Thoriqul Haq, Rabu (17/4/2019).

Cak Thoriq, sapaan akrabnya juga menilai jika proses pemungutan suara berjalan tanpa kendala yang berarti. Secara teknis, jumlah TPS yang cukup banyak di Lumajang memiliki 200-400 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jumlah ini mencukupi dan sesuai dengan waktu yang disediakan KPU.

“Saya kira tidak ada masalah baik teknis maupun saat masyarakat melakukan pemungutan suara,” lanjutnya.

Ia kemudian mengajak warga menyaksikan proses perhitungan pasca pemungutan suara. Hal tersebut sebagai bentuk pembuktian proses jalannya pemilu sesuai harapan.

“Masyarakat nanti boleh melihat langsung proses perhitungan. Bersama-sama lebih menjaminkan bahwa pemilihan ini bisa bebas, jujur, adil, sesuai harapan kita semua,” pungkasnya. (may/ono)