Lumajang Segera Punya Tol

17636

Lumajang (wartabromo.com) – Kabupaten Lumajang dan Probolinggo akan segera terhubung dengan tol. Pembangunan tol ini disebut selaras dengan rencana peningkatan akses di Lumajang.

Hal tersebut diketahui dengan telah ditandatanganinya dukungan rencana prakarsa pembangunan jalan tol Probolinggo-Lumajang oleh Gubernur Jawa Timur.

Thoriqul Haq, Bupati Lumajang mengungkapkan, Gubernur Jawa Timur sebelumnya telah melakukan pengajuannya kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Dukungan Tol Probolinggo – Lumajang, dari Ibu Gubernur Jatim, melalui surat ke KEMENTRIAN PUPR, di Jakarta, al-hamdulillah telah di tanda tangani,” ujar Cak Thoriq, dalam postingan facebooknya, Jumat (19/4/2019).

Dalam surat dukungan tersebut dikatakan, bahwa rencana pembangunan tol ini selaras dengan rencana pembangunan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi. Tujuannya untuk meningkatkan aksesbilitas ke Kabupaten Lumajang.

“Upaya kami untuk kordinasi dengan semua pihak terhadap pengambil kebijakan pembangunan jalan tol terus di-ikhtiarkan,” lanjutnya.

Dijelaskan kemudian, jika rencana pembangunan ini tidak bisa direalisasi melalui Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD). Namun akan menggunakan dana oleh Badan Usaha/Swasta.

“Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung rencana prakarsa dimaksud dengan skema pendanaan Non APBD,” penggalan surat dukungan.

Sekadar diketahui, rencana pembangunan ini sudah tercetus sejak kampanye Thoriq-Indah Masdar pada tahun lalu. Harapannya, tol bisa melancarkan akses warga, juga mengangkat potensi di Kabupaten Lumajang.(may/ono)