Ketua DPRD Kota Probolinggo Terjungkal

8526
Ketua DPRD Kota Probolinggo, Agus Rudiyanto Ghaffur.

Probolinggo (wartabromo.com) – Tiga caleg petahana PDI Perjuangan Kota Probolinggo tumbang. Salah satunya adalah Ketua DPRD setempat, Agus Rudiyanto Ghaffur. Dalam pemilu 2019, perolehan kursi partai berlogo banteng itu juga berkurang 2 kursi.

Berdasarkan data yang dimiliki DPC PDIP setempat, pada Pemilu kali ini banteng moncong putih hanya meraup 6 kursi. Jumlah ini berkurang sebanyak 2 kursi dibanding Pemilu 2014 lalu, yang mencapai 8 kursi. Berkurangnya kursi ini, tak lepas dari bergugurannya beberapa caleg petahana.

Setidaknya ada tiga nama caleg petahana yang gagal kembali menduduki kursi dewan di Jalan Suroyo. Ketiganya adalah Sulaiman, Titin Andriana dan Ketua DPRD Agus Rudiyanto Ghaffur. Sementara itu, empat caleg petahana lainnya masih bertahan. Mereka Agus Riyanto, Muhammad Bebun, Andre Purwo Hartono dan Imam Hanafi. Sedang 1 petahana yakni Hariyanto tidak mencalonkan diri dalam kontestasi kali ini.

Ada pula dua nama caleg baru, yang diprediksi berhasil melenggang ke kantor DPRD di Jalan Suroyo. Yakni Ketua DPC PDI Perjuangan, Nasution dan Supriyanto.

“Pemilu tahun ini, caleg pada aktif meraup suara. Kami kira itu hal wajar,” ujar Sekretaris PDI Perjuangan, Agus Riyanto, Kamis (25/4/2019).

Dalam Pileg 2019, Titin Andriani berada dalam 1 Dapil dengan Nasution dan Imam Hanafi di Wonoasih-Kanigaran. Sedangkan Sulaiman bertarung dengan Andre Purwo Hartono dan Mochamad Bebun, di Dapil Kademangan-Kedopok. Di Dapil Mayangan, Agus Rudiyanto Ghaffur saling sikut dengan Agus Riyanto dan Supriyanto.

Meski turun 2 kursi, Agus yakin partainya akan lebih solid dalam mengawal kepentingan rakyat.

“Harapannya, dengan formasi saat ini bisa lebih solid. Apabila program pemerintah yang pro rakyat dan sesuai dengan partai, maka kami dukung,” yakinnya.

Walau turun 2 kursi, Agus juga yakin PDIP masih berpotensi menggenggam tampuk pimpinan DPRD setempat. PDIP tinggal melihat akumulasi perolehan suara. Karena dalam Pemilu 2019 ini, PDIPdan PKB sama – sama mendapat 6 kursi.

“Jika memang kami yang unggul dalam perolehan total suara, maka Nasution sebagai ketua partai yang akan maju sebagai ketua DPRD Kota Probolinggo,” tandas Agus. (lai/saw)