Sore Nanti, LAPAN Pasuruan Pantau Hilal

1977

Pasuruan (wartabromo.com) – Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Pasuruan melakukan pemantauan hilal (rukyatulhilal), hari ini, Minggu (5/5/2019). Pengamatan dilakukan untuk penetapan awal Ramadan 1440 H.

Dian Yudha Risdianto, Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Watu Kosek, Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan mengatakan, persiapan pengamatan rukyatulhilal ini dilakukan mulai sore nanti.

“Persiapan dan pelaksanaan mulai Pukul 16.30-18.00 WIB,” ungkap Dian saat dihubungi WartaBromo.

Berbagai persiapan teknis sudah dipersiapkan tim LAPAN Pasuruan, di antaranya beberapa teleskop portabel, kamera serta monitor untuk menunjang kegiatan pengamatan hilal.

“Untuk persiapannya, LAPAN menyiapkan 3 teleskop portabel dan beberapa tambahan teleskop dari ormas dan komunitas astronomi Jawa Timur, 2 kamera serta 2 monitor untuk membantu kegiatan pengamatan,” imbuhnya.

Baca Juga :   Sempat Mandek Gegara Pandemi, Perajin Peci di Beji Laris Manis saat Ramadan

Dian juga menambahkan, selain Tim LAPAN Pasuruan yang melakukan kegiatan rukyatulhilal, nantinya kegiatan ini juga bakal dihadiri oleh Kemenang Kabupaten Pasuruan, Ormas Islam, Pondok Pesantren, beberapa perwakilan dari perguruan Tinggi/Universitas dan Komunitas Astronomi Jawa Timur yang tergabung dalam Fokalis Jawa Timur.

“Akan hadir pula beberapa instansi dan organisasi untuk melakukan pemantauan bersama,” jelasnya. (ptr/ono)