Pemkab Pasuruan Data Kebutuhan CPNS

2792

Pasuruan (WartaBromo) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) membuka lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dengan formasi 254.173 lowongan, terdiri dari alokasi pusat 46.425 dan daerah 207.748. Pemerintah Kabupaten Pasuruan pun ancang-ancang, melakukan pendataan kebutuhan CPNS hingga persiapkan anggaran.

Iswahyudi, Plt Badan Kepegawaian Dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan mengatakan, tahun ini dipastikan di Kabupaten Pasuruan tetap akan melakukan penerimaan CPNS. Namun demikian, secara teknis, penerimaannya tetap dilakukan terpusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Tahun ini sudah dipastikan akan ada penerimaan CPNS kembali. Termasuk sudah ada permintaan dari BKN dan Menpan terkait kebutuhan formasi di daerah,” ungkapnya, kemarin.

Dijelaskan Iswahyudi, saat ini, BKPPD Kabupaten Pasuruan sudah mulai melakukan pendataan, mencatat kebutuhan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ia menargetkan pendataan kebutuhan formasi CPNS ini selesai akhir bulan Juni ini, dan bakal langsung dikirim ke BKN.

Kebutuhan CPNS tahun ini tenaga guru lebih banyak dibutuhkan, selain formasi di bidang kesehatan, non kesehatan termasuk tenaga ahli dan administrasi.

“Jadi kita akan hitung dari masing-masing OPD mengusulkan ke kita. Kita upayakan kalau bisa mengusulkan sebanyak-banyaknya. Meskipun nanti tetap yang menentukan kuota formasi penerimaan dari pusat,” terangnya.

Baca: Lowongan CPNS 2019 di Depan Mata, Siapkan Dulu Persyaratannya

Berkenaan dengan penerimaan CPNS tahun 2019 ini, BKPPD juga sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp400 juta. Terkait kuota, penjadwalan dan teknis penerimaan, Kabupaten Pasuruan masih terus menunggu informasi resmi dari pusat. Termasuk dipastikan pengumuman penerimaan CPNS akan terbuka sehingga masyarakat bisa mendaftar sesuai ketentuan. (mil/ono)