Video Pesan Sutopo Gaungkan Hastag Suara Tanpa Rokok

617
Tangkapan layar video pesan Sutopo untuk perokok.

Jakarta (wartabromo.com) – Suara Tanpa Rokok menggaung di Twitter. Video Sutopo Purwo Nugroho tentang kanker paru-paru pun viral di berbagai platform sosial media.

Sutopo, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB meninggal saat menjalani pengobatan kanker paru-paru di Guangzhou pada Minggu, (7/7/2019) lalu. Video awal mula Sutopo divonis kanker paru-paru pun menyebar luas di dunia maya.

“Awalnya kita di kantor BNPB dan sebagian besar karyawan yang ada disana merokok. Merasakan Batuk-batuk dan nyeri tulang sudah lama,” ungkapnya di video tersebut.

Dari situlah kemudian Sutopo melakukan rangkaian pemeriksaan seperti rotgen dan CT scan hingga divonis kanker paru-paru stadium 4 B.

“Saya bukan perokok, keluarga saya tidak ada yang merokok. Saya hidup sehat. Ya ada kemungkinan penyebabnya adalah saya perokok pasif,” aku-nya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by WartaBromo.com (@wartabromo) on

Video ini menggugah hati para warganet. Yang jelas penuh pro kontra karena ada tagar #SuaraTanpaRokok yang digaungkan. Perjalanan Sutopo selama 1,5 tahun melawan kanker ini menjadi perhatian para netizen.

“Untuk anak muda, terutama anak-anak, jangan merokok. Tidak ada orang akan menilai dia akan kelihatan gagah kalau merokok. Seperti iklan-iklan itu. Itu sangat menyesatkan. Stoplah merokok. Ingat bukan anda, tapi untuk keluarga anda, istri anda, suami anda, anak-anak anda dan sebagainya,” tutupnya.

Video ini sudah diretweet lebih dari 20 ribu kali. Artinya juga sudah menyebar, meski tidak semerta-merta semua setuju. Malah banyak warganet yang menggaungkan hastag #SuaraTanpaRokok yang mengunggah momen saat merokok.

“Usia kakek saya sekarang hampir 90th. Beliau sudah aktif merokok dr bujangan sampai sekarang. Alhamdulilah sampai detik ini beliau masih diberikan kesehatan, bahkan masih bisa beraktifitas mengolah ladang. #SuaraTanpaRokok,” tulis akun Budi Prasetio.

Bukan hanya itu, kaum Twitter pun menyoroti bahwa pemasukan negara berasal dari rokok cukup besar. Meski begitu, tidak sedikit pula yang sependapat dengan video tanpa rokok ini yang menduduki trending 2 Twitter.

“Saya bukan perokok, merokok itu hak mu, tapi saya juga punya hak untuk mematikan rokokmu jika saya rasa itu mengganggu saya. #SuaraTanpaRokok,” ujar akun Mauludin.

Kalau kamu bolo, pilih yang mana? (may/ono)