510 Lansia Ikuti Senam Massal di Gor Untung Suropati

488
Ibu lansia sedang melakukan senam kebugaran di Gor Untung Suropati, Kota Pasuruan, Kamis (18/7/2019). Foto (Akhmad Romadoni)

Pasuruan (wartabromo.com) – 510 Lansia se – Kota Pasuruan mengikuti senam masal dalam rangka hari lanjut usia ke 23 di Gor Untung Suropati, Kamis (18/7/2019). Kegiatan tersebut adalah salah satu progam kesehatan Dinas Kesehatan untuk para lansia agar tetap sehat, mandiri, aktif dan produktif.

Ibu-ibu dari 4 Kecamatan dan 34 kelurahan tersebut berkumpul untuk melakukan latihan kebugaran. Masing-masing kelurahan, diwakili kurang lebih 15 orang lansia maupun pralansia, dengan umur rata-rata diatas 45 tahun.

Diawali dengan senam masal selama kurang lebih 15 menit, ibu-ibu tampak antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Shierly Marlena, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kota Pasuruan mengatakan, dalam rangka hari lanjut usia ke 23 ini, kedepan pihaknya ingin lebih meningkatkan pelayanan kesehatan agar lebih promotif dan prefentif.

“Meskipun lansia tetap bisa mandiri, sehat dan aktif, artinya tetap bermanfaat dalam kehidupan sosial,” ujar Shierly.

Raharto Teno Prasetyo, Wakil Walikota Pasuruan saat membuka kegiatan senam Lansia di Gor Untung Suropati, Kota Pasuruan, Kamis (18/7/2019). Foto (Akhmad Romadoni)

Untuk itu, Dinkes Kota Pasuruan mengambil tema Lansia sehat dan berdaya, keluarga bahagia untuk lansia sehat, mandiri, aktif dan produktif.

Selain senam, untuk mendukung tema, kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan masal yang di pimpin langsung oleh perwakilan akedemi gizi surabaya. Penyuluhan tersebut bertujuan untuk para lansia agar bisa mengatur pola makan sehat dengan baik. Diantaranya memberikan pemahaman, makanan apa yang harus dihindari dan yang harus dijaga agar tetap sehat dan bugar.

Dari senam dan penyuluhan, ibu-ibu juga dapat memeriksakan kesehatannya dalam kegiatan tersebut. Dinas Kesehatan Kota Pasuruan sudah menyiapkan 12 posko kesehatan untuk ibu-ibu lanjut usia. Mulai dari pemeriksaan tensi, tinggi maupun berat badan, cek kolestrol, gula darah, asam urat, serta pemeriksaan standar lainnya.

Selain dapat menjaga pola makan untuk kesehatan, di hari lanjut usia ibu-ibu juga mendapatkan kesehatan dan kebugaran dalam tubuh.

“Yah enak, sehat dan bugar tubuh ini rasanya mas,” ujar Lilik, peserta asal Kelurahan Petamanan Kota Pasuruan.

Sementara itu, kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Bahrul Ulum, serta 50 pendamping dari 34 Kelurahan di Kota Pasuruan.(don/**)