SSB di Jatim Unjuk Kemampuan di Lapangan Plumbon Pandaan, Berebut Juara Liga Pelajar U-12 Piala Menpora

1013

Pandaan (WartaBromo.com) – Sejumlah tim sepakbola pelajar di Jawa Timur berlaga di Lapangan Plumbon, Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Atlet-atlet cilik ini berusaha mencari posisi pada Liga Pelajar U-12 untuk merebut Piala Menpora 2019.

Ketua Penyelenggara, Roni Firmansyah menjelaskan, tim-tim ini berasal dari perwakilan sekolah sepakbola (SSB) berbagai daerah di Jawa Timur, di antaranya Unmuh Malang, Tambang Mas Mojokerto, hingga NSS Sidoarjo. Tentu saja kesebelasan dari Kabupaten Pasuruan terlibat. Tim tuan rumah, di antaranya diwakili SSB Suryanaga dan Taruna Bhakti Carat, Gempol. Mereka bakal unjuk kekuatan, mencoba bertahan dan saling serang memasukkan bola ke gawang lawan.

Ada yang menarik pada laga pagi ini. Tim Taruna Bhakti memainkan 3 pemain perempuan sekaligus. Keputusan terbilang tak biasa ini malah berujung mengejutkan, karena salah satunya justru sukses mencetak 2 gol dalam satu pertandingan.

“Tujuan diadakan turnamen ini untuk mencari bibit pemain,” ujar Roni.

Bermaksud mencari bibit baru, ketentuan pemain pun di antaranya dapat dibaur, laki-laki/perempuan.

Pertandingan di wilayah Pasuruan ini dibuka dengan dua gelombang. Pertama, laga sudah dimulai hari ini, Minggu 21 Juli, melibatkan 12 tim, dan berlanjut pada 28 Juli, berjumlah 14 tim SSB Kelompok Usia 12 tahun.

Ketua penyelenggara, yang juga mantan kapten kesebelasan Arema Malang ini kemudian menegaskan, sebagai ajang pencarian bakat, Liga Pelajar ini juga diharapkan memupuk jiwa sportivitas. Terutama memutus praktik pencurian usia, yang kerap terjadi dalam sebuah turnamen.

“Juga sebagai ajang fair play yakni untuk memutus rantai pencurian umur,” tandasnya.

Pertandingan ini merupakan laga berjenjang. Dari keseluruhan tim, nantinya dua tim jawara akan melanjutkan pertandingan di tingkat Provinsi dan meneruskan ke level nasional, merebut Piala Menpora.

Ketentuan Penyelanggara Liga Pelajar U-12 Piala Menpora 2019:

  1. Kompetisi mengunakan Standar regulasi dari PSSI dan FIFA LAW OF THE GAME;
  2. Tahun kelahiran 1 Januari 2007–31 Desember 2008;
  3. Kuota pemain 12 Pemain+1 Pelatih+1 Manajer;
  4. Bertanding mengunakan format 7 vs 7;
  5. Bola pertandingan Size 4;
  6. Pergantian pemain cadangan wajib dimainkan semua saat kick off babak ke-2;
  7. Jika pemain sudah dimainkan semua dan salah satu tim ada pemain yang cedera, maka akan dilakukan undian oleh tim lawan untk menentukan pemain cadangan yang sudah keluar boleh dimainkan kembali sesuai hasil undian.

(ono/ono)